Sosialisasikan IFHE, Aplikasi Kesehatan Keluarga Berbasis Digital secara Mandiri

     Desa Tutul merupakan Desa produktif yang berlokasi di Kecamatan Balung dengan jarak sekitar 28 KM dari Pusat Kabupaten Jember Jawa Timur. Kerja sama yang telah dijalin oleh Universitas Muhammadiyah Jember dengan Desa Tutul, berjalan secara kontinyu. Kegiatan Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM) dengan dukungan pendanaan oleh Kementrian Riset dan Teknologi Republik Indonesia (RistekBrin) berlanjut di tahun kedua. Berdasarkan indormasi dari ketua pelaksana PPDM, Diyan Indriyani, SKp, MKep, tim pelaksana PPDM telah melakukan kegiatan sosialisasi tahap kedua penggunaan sistem aplikasi Independent Family Health Evaluation (IFHE) berbasis web, Kamis, (2/9/2021).

     Dilaksanakan secara luring di UM Jember, kegiatan tersebut menerapkan protokol Kesehatan secara ketat mulai dari pengecekan suhu badan, mencuci tangan sampai pemakaian double masker. “Bagi peserta yang belum memakai double masker, kami bagikan masker kepada mereka secara gratis.” terang Diyan. Jarak juga kami atur dengan merenggangkan tempat duduk antar peserta. Kegiatan tersebut merupakan serangkaian kegiatan lanjutan dengan tujuan penguatan Tim Satgas Desa Sehat di Desa Tutul yang diawali dengan wokshop penyusunan set point sistem aplikasi IFHE secara daring pada (9/8/2021) silam.

     Melalui sosialisasi tahap II ini, total peserta sebanyak 47 orang terdiri dari Tim Satgas Desa Sehat, perwakilan RW, dan perwakilan Posyandu. Mereka mempraktekkan secara langsung menggunakan komputer dan Handphone Android, pada website IFHE Desa Tutul . “Dilakukan praktik secara langsung melalui sistem aplikasi IFHE pada fitur utama yaitu forum diskusi kesehatan, informasi kesehatan dan formulir identifikasi kesehatan keluarga.” terang Dosen Fikes UM Jember tersebut. Tujuan utama penggunaan sistem aplikasi ini agar 3098 Kepala Keluarga yang ada di Desa Tutul dapat melaporkan status kesehatan keluarga berbasis digital secara mandiri.

     Mampu mengenali masalah kesehatan keluarga, memanfaatkan informasi Kesehatan sesuai kebutuhan serta mampu mengambil keputusan tentang Kesehatan keluarga secara cepat dan tepat. Rekapitulasi informasi kesehatn keluarga di Desa Tutul ini nantinya dapat digunakan sebagai pengambilan langkah strategis kesehatan bagi pemerintah Desa dan juga pelayanan kesehatan setempat.

Search