Mahasiswa KKN UNMUH Jember Gandeng PMI Dukung Penanggulangan Covid-19

        Mahasiswa KKN Tematik Universitas Muhammadiyah Jember berkolaborasi dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jember melaksanakan penyemprotan disinfektan di Desa Sumberkalong, Sabtu (28/8).

      Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja mahasiswa KKN Tematik kelompok 19 UNMUH Jember yang berinisiatif untuk bekerjasama dengan pihak PMI sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19). Proses penyemprotan disinfektan melibatkan 11 orang personel PMI menggunakan 3 mobil jenis gunner, spraying disinfektan, dan mobil promosi kesehatan, yang didampingi oleh perangkat desa, BABINSA, BHABINKAMTIBNAS dan dihadiri oleh camat Kalisat.

      “Penyemprotan disinfektan ini merupakan yang pertama kalinya di lakukan di Kecamatan Kalisat khususnya di Desa Sumberkalong dan juga pertama kalinya mahasiswa KKN bekerjasama dengan pihak PMI”, tutur Kepala PMI Rupiyanto. Petugas PMI dibagi menjadi 2 bagian untuk mengefisiensi waktu. Mobil dengan kapasitas 1250 liter dan 2000 liter, berkeliling desa menyemprotkan disinfektan sesuai rute yang sudah ditentukan di desa. Bapak Ahmad Sahri selaku kepala Desa Sumberkalong “Mengucapkan terima kasih kepada pihak PMI dan mengapresiasi kinerja adik-adik KKN UNMUH Jember, sehingga terjalinnya kerja sama dengan pihak PMI dalam kegiatan penyemprotan disinfektan”.

      Selama proses kegiatan penyemprotan disinfektan, mahasiswa serta yang terlibat dalam proses penyemprotan tersebut tetap memperhatikan protokol kesehatan, yaitu tetap menggunakan masker dan melakukan sosial distancing serta dari pihak PMI menggunakan alat pelindung diri (APD). Dalam proses penyemprotan disinfektan di Desa Sumberkalong banyak warga yang mengapresiasi kegiatan ini. Mahasiswa KKN UNMUH Jember Kelompok 19 berharap dengan adanya kegiatan penyemprotan disinfektan ini dapat mengurangi dampak penyebaran Covid-19 dan agar masyarakat desa lebih sadar untuk memperhatikan protokol kesehatan.

Search