Mahasiswa Kkn Um Jember Mengadakanpenyuluhan Kesehatan Di Sekolah Dasar Desa Gumuksari Kecamatan Kalisat Tahun 2020

Jember 12 Februari 2020,Mahasiswa KKN Kelompok 17 Universitas Muhammadiyah Jember di Desa Gumuksari Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember membuka kegiatan penyuluhan kesehatan tentang PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat), Jajanan Sehat dan Penyakit Hepatitis A untuk siswa- siswi SDN Desa Gumuksari.

Kegiatan ini memberikan penyuluhan tentang pentingnya menjaga kesehatan sejak dini sehingga terhindar dari penyakit seperti Hepatitis A dan dampak yang ditimbulkan terhadap orang yang terkena penyakit tersebut.

Jajanan sehat merupakan jajanan yang memiliki komposisi gizi yang baik dan seimbang. Selain itu juga tidak mengandung bahan pengawet, pemanis buatan dan bahan tambahan yang tidak diperlukan seperti perasa instan.

PHBS atau Perilaku Hidup Bersih dan Sehat merupkan semua perilaku kesehatan yang dilakukan atas kesadaran untuk mencegah penyakit, meningkatkan kesehatan. PHBS meliputi CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun), Jajan dikantin sekolah yang sehat, membuang sampah pada tempatnya, olahraga rutin, mengecek BB dan BT serta di larang merokok. Penyakit hepatitis A adalah infeksi hati yang sangat menular yang disebabkan oleh virus hepatitis A.

Penyuluhan kesehatan adalah serangkaian kegiatan program kerja mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Jember. Peserta yang hadir dalam penyuluhan ini yakni Siswa dan Siswi SD Gumuksari. Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi adik- adik agar mengetahui apa itu jajanan sehat, PHBS dan Penyakit Hepatitis A sehingga adik- adik dapat menerapkan dalam kehidupan sehari- hari.

Acara ini dibuka oleh Kepala Sekolah masing- masing SD, kegiatan penyuluhan ini berlangsung kurang lebih 2 jam mulai jam 09.00 WIB sampai jam 11.00 WIB di setiap SD yang ada pada Desa Gumuksari Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember.

Search