LPPM Unmuh Jember dan Desa Krai Teken MoU untuk Kolaborasi Pengabdian dan Riset

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Jember (Unmuh Jember) lakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pusat Studi Pengembangan Desa Krai Kabupaten Lumajang di Unmuh Jember pada Selasa (21/03/2023).

Pada sambutannya, Wakil Rektor Bidang Akademik Unmuh Jember Dr, Emy Kholifah, M,Si mengungakpan bahwa disaat ini Perguruan Tinggi dan Desa harus bisa saling mengisi dan mengingat salah satu capaian Perguruan Tinggi adalah pengabdian dan riset.

Selain itu, dirinya juga menegaskan bahwa Unmuh Jember sedang sering berkolaborasi untuk program-program dalam bentuk magang, pengabdian, dan riset. 

“Memang akhir-akhir ini kita sering berkolaborasi terutama pada golongan menengah ke bawah, kami juga sering masuk pada usaha skala mikro yang berada di desa, karena kami tahu masih banyak masalah yang belum tuntas di Desa.” ungkapnya.

Menurutnya saat ini peran Perguruan Tinggi memang sedang dibutuhkan untuk membangun desa, Unmuh Jember yang tiap semesternya menerjunkan sekitar 400-500 mahasiswa untuk KKN memberikan dampak yang positif.

“Tidak selalu dalam bentuk kegiatan yang berat dan skala besar, bahkan kegiatan ringan pun Unmuh Jember juga sering andil dalam berkontribusi untuk desa, seperti contohnya melakukan pendampingan sertifikasi, menjadi konsultan aplikasi digital, melakukan pelatihan dan masih banyak yang lain sesuai dengan spesialis hasil riset yang ada di Unmuh Jember.” tuturnya.

Selain itu, dirinya juga berharap dengan adanya MoU ini Unmuh Jember dan Desa Krai bisa saling berkolaborasi dalam segala bidang. “Arah kami memang saat ini memang sedang sering bermitra dengan Desa, harapannya dengan MoU ini kita sebagai Perguruan Tinggi bisa berkontribusi pada permasalahan yang sedang ada di Desa.” harapnya.

Kepala Desa Krai juga berharap dengan adanya kerja sama antara Unmuh Jember mampu merubah kehidupan masyarakat Desa Krai dari berbagai macam aspek, mengingat masih banyak masalah yang harus diatasi oleh Desa Krai.

“Saya harap kerja sama ini mampu memberikan dampak kepada kehidupan masyarakat Desa Krai dari berbagai macam aspek seperti aspek psikologi, ekonomi bahkan yang lain.” harap Eddy Wijaya, Kepala Desa Krai.

 

Search