Ajak Jadi Guru Keren, FKIP Unmuh Jember Gelar NGOPI

Konferensi Pendidikan Internasional (KOPI) FKIP Unmuh Jember hari kedua berlangsung sukses. Acara berjalan sesuai rencana dan dimulai tepat pukul 08.00. Tiga keynote speakers hadir pada hari ini, yaitu Muhlisin, Ed.D dari Universitas Muhammadiyah Jember, Waluyo Adi Siswanto, Ph.D dari University Muhammadiyah Malaysia, dan Ahmad Saifullah, Ph.D dari Universitas Darussalam Gontor Ponorogo.

Namun, ada perubahan jadwal pada hari kedua di mana keynote pertama yang seharusnya disampaikan oleh Bapak Waluyo Adi Siswanto diundur di sesi kedua karena ada kendala koneksi jaringan dari Malaysia. Meskipun demikian, semua kegiatan berjalan lancar dan keynote pertama oleh Bapak Muhlisin dapat berjalan seperti yang diharapkan.

Bapak Muhlisin memaparkan tentang pendekatan kognitif dalam penyusunan silabus yang dapat menginspirasi guru untuk menyajikan pembelajaran yang menarik. Keynote kedua membahas tentang microcredential sebagai alternatif pendidikan yang fleksibel dan dapat memberikan digital certification. Sementara itu, keynote ketiga membahas tentang Kurikulum Merdeka sebagai diskusi hangat saat ini.

Peserta memberikan apresiasi kepada KOPI FKIP Unmuh Jember dan mengirimkan evaluasi dan tanggapan kegiatan melalui google form evaluasi yang disiapkan panitia. Beberapa peserta menyampaikan bahwa KOPI memberikan pandangan baru dan kegiatan sangat interaktif.

Panitia berharap KOPI FKIP Unmuh Jember 2023 dapat menginspirasi para peserta untuk menjadi peneliti, praktisi, pengamat pendidikan serta memperdalam pemahaman mengenai Kurikulum Merdeka untuk benar-benar menjadikan siswa sebagai siswa yang merdeka.

Search