Previous Next

Milad Unmuh Jember ke-42 : Resmikan Rumah Sakit Umum Unmuh Jember

Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Jember baru saja meresmikan Rumah Sakit Umum (RSU) di Jalan R Wolter Monginsidi nomor 91, Kelurahan Kranjingan, Kecamatan Sumbersari, pada Sabtu (11/3/2023). Peresmian RSU Unmuh Jember ini juga bertepatan dengan Milad Unmuh Jember yang ke-42 tahun. Hadir dalam acara tersebut, Rektor Unmuh Jember, Bupati Jember, dan Ketua Umum PP. Muhammadiyah.

RSU Unmuh Jember merupakan rumah sakit ke-101 dari 121 rumah sakit yang dimiliki Muhammadiyah. Rektor Unmuh Jember, Dr. Hanafi, M. Pd mengatakan jika peluncuran rumah sakit tersebut bertepatan dengan Milad kampus biru. Di usianya ke-42, dirinya berharap Unmuh Jember bisa lebih maju dan berkiprah di masyarakat, salah satunya melalui peresmian RSU.

"Kami juga siap menjalin sinergi dan kolaborasi dengan berbagai pihak, terutama Pemkab Jember untuk mengembangkan UMKM setempat," ungkapnya.

RSU Unmuh Jember dibangun dengan luas bangunan 17.547 m² bertipe C. Memiliki SDM sebanyak 93 orang yang terdiri dari 63 tenaga medis, 5 paramedis dan 25 orang non medis. Yang juga dilengkapi dengan 11 poliklinik terdiri dari spesialis penyakit dalam, spesialis anak, spesialis bedah, spesialis obgyn, spesialis gigi dan mulut, spesialis THT, spesialis darah, dan klinik umum, selain itu, 3 poliklinik dalam pengerjaan adalah spesialis mata, spesialis jantung dan paru.

Sementara itu, Bupati Jember, Hendy Siswanto sangat mengapresiasi pendirian RSU Unmuh Jember tersebut. Menurutnya, rumah sakit di bawah naungan kampus biru tersebut bisa membantu pelayanan kesehatan yang selama ini dirasa kurang mencukupi.

"Karena memang penduduk kami sebanyak 2,6 juta. Adanya rumah sakit ini merupakan ikhtiar kita semua dan kami siap untuk mensupport apa yang dibutuhkan," ujar Bupati.

Orang nomor satu di Jember juga berharap, dengan diresmikannya RSU Unmuh bisa meningkatkan perekonomian di Kabupaten Jember, baik dari serapan tenaga kerja maupun UMKM setempat.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum PP. Muhammadiyah, Prof. Dr. H. Haedar Nashir, M.Si sangat bersyukur atas diresmikannya RSU dan harus dikelola dengan baik sesuai spirit Muhammadiyah. Menurutnya, hadirnya RSU Unmuh Jember tersebut merupakan wujud dari komitmen Muhammadiyah untuk membangun bangsa.

"Selain itu, ingin menghadirkan Islam sebagai agama yang memajukan kehidupan bangsa.”

Unmuh Jember ingin memperlebar jangkauan kiprahnya dengan hadirnya RSU Unmuh Jember. Peluncuran RSU tersebut merupakan wujud kehadiran Unmuh Jember dalam menjawab tantangan zaman dan kebutuhan masyarakat.

Search