Pentingnya Nilai Branding dan Relasi dalam Pengembangan Media

 

     Sudah menjadi rahasia umum bahwa branding merupakan sebuah identitas perusahaan, masyarakat akan mengingat sebuah perusahaan dengan branding yang mereka bawakan. “Sebuah merek untuk sebuah perusahaan seperti sebuah reputasi untuk seseorang, anda mendapatkan reputasi dengan mencoba melakukan hal-hal yang sulit dengan baik.”

 

     Merupakan kutipan dari Jeff Bezos, yang disampaikan oleh pemateri pada hari kedua kegiatan Workshop Pengembangan Humas Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTMA), yang diselenggarakan di Hotel Cavinton, Yogyakarta (01/07/2022).

 

     Workshop yang diselenggarakan sejak Kamis (30/06/2022), ini menekankan pentingnya peranan sebuah merek dalam Perguruan Tinggi. Materi workshop yang berjudul “Membangun Branding PTMA” dibawakan Chairul Fajri yang merupakan dosen Ilmu Komunikasi dari Universitas Ahmad Dahlan.

 

     Pada era yang sangat bergantung kepada media sosial, penekanan pada pentingnya branding sudah seolah-olah menjadi nyawa sebuah Perguruan Tinggi. Dalam materinya Chairul menekankan bahwa branding memiliki empat fungsi yang dapat membangun kepercayaan, membangun kredibilitas, mengembangkan koneksi, dan menunjukkan identitas sebuah Perguruan Tinggi.

 

     Selain itu, dirinya menekankan bahwa identitas brand memiliki unsur pendukung agar mudah diingat dan dikenali. Pada materinya Chairul menjelaskan bahwa brand butuh unsur pendukung seperti slogan yang menarik dan mudah untuk diingat oleh masyarakat.

 

     Tentunya mengolah sebuah brand sendiri penting, tapi untuk efisiensi dan memaksimalkan sebuah pengembangan humas, workshop kali ini juga menghadirkan Hendrawan Setiawan yang sudah berpengalaman selama 18 tahun dalam dunia jurnalis televisi.

 

     Berpengalaman di berbagai macam media seperti Metro TV, RCTI, tvOne, dan CNN Indonesia, Hendrawan menjelaskan bahwa sebuah institusi akademis seperti Universitas butuh untuk membangun relasi secara internal maupun eksternal.

 

     Dirinya juga menjelaskan selain membangun relasi, penting juga untuk mengelola media mulai dari konten yang berada di media hingga kebutuhan yang diperlukan dalam ruang linkup sumber daya alat dan sumber daya manusia.

 

 

Search