Hadirkan Digitalisasi dalam Pembelajaran melalui Program Pengabdian Masyarakat

 

     Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Jember (Unmuh Jember), Fitrotul Mufaridah beserta dengan timnya gelar kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema “Menjadi Guru Asik dengan Media Padlet” pada Rabu (13/04/2022), secara daring berkolaborasi dengan Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Cakru.

Diadakannya kegiatan pengabdian ini bermula dari kesadaran Fitrotul Mufaridah terhadap pentingnya kompetensi guru dalam mewujudkan kelancaran dan kreatifitas pelaksanaan pembelajaran pada masa pandemi Covid-19. Menurutnya, implementasi pembelajaran secara digital pada abad 21 ini sangatlah penting dan pandemi Covid-19 membuat dirinya sadar akan hal tersebut.

Menurut dosen FKIP Bahasa Inggris Unmuh Jember tersebut,  penggunaan padlet dinilai memberi banyak keuntungan bagi para siswa dan guru. Dikarenakan sistem kerja padlet yang merupakan situs web dan aplikasi, mampu memungkinkan siswa untuk mengumpulkan informasi ke papan buletin virtual menggunakan sistem seret dan lepas yang sederhana. "Sehingga siswa mudah untuk berkolaborasi dengan rekan-rekan mereka secara real-time."

Pengabdian yang dilaksanakan di Desa Cakru dan berkolaborasi dengan PCM Cakru membawahi beberapa Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah ini diikuti oleh 45 guru dari sekolah-sekolah Muhammadiyah di bawah naungan Majlis Dikdasmen PCM Cakru. Tujuannya untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengintegrasikan teknologi pada proses interaksi belajar mengajar, sehingga kegiatan belajar dapat berjalan secara komunikatif, kreatif dan inspiratif.

Proses kegiatan yang dilaksanakan langsung dengan praktik secara aktif langsung mendapat respon positif peserta. Para guru langsung sigap dan kreatif dalam mempraktikkan penggunaan padlet pada mapelnya masing-masing. Selain itu, pada pelatihan ini  guru-guru juga mencoba menjadi murid dengan berperan aktif melakukan kegiatan pada padlet yang didesain oleh pemateri.

Fitrotul juga menekankan bahwa proses interaksi belajar mengajar yang berjalan secara komunikatif, kreatif dan inspiratif, merupakan aspek penting dalam kesuksesan pembelajaran. Dirinya berharap dengan adanya peningkatan kompetensi digital dengan mengintegrasikan padlet, mampu mengantarkan guru dalam menciptakan suasana pembelajaran abad 21 yang sejalan dengan kebutuhan siswa akan kehadiran teknologi pada setiap aspek kehidupannya.

Search