Dosen UM Jember Inovasikan Pintu Air Irigasi Anti Maling

      Dr. Nanang Saiful Rizal, MT selaku Dosen Prodi Teknik Sipil dan Syamsul Hadi, MP selaku Dosen Prodi Agribisnis Pertanian Universitas Muhammadiyah Jember bekerjasama dengan HIPPA Desa Tamansari dan Dukuh Dempok Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember. Tujuan Kerjasama tersebut ialah untuk menginovasi pembuatan pintu air irigasi yang murah, awet dan anti maling. 

      Kedunya mengungkapkan produktivitas pertanian sangat dipengaruhi oleh penyediaan air irigasi yang optimal jika infrastruktur bagus dan didukung oleh sistem operasi dan pemeliharaan irigasi (OP Irigasi) yang baik. Salah satu bagian penting dari OP Irigasi adalah pengaturan atau pembagian air irigasi melalui pintu-pintu air.

      Dinilai sering hilang dan rusak, keduanya menegaskan bahwa pintu irigasi yang terbuat bahan plat besi dan kurangnya perawatan rutin menjadi salah satu faktor penyebabnya. Penggunaan Canal Galvalum pada Frame Pintu dan daun pintu yang terbuat dari plat beton dengan tulangan hollow galvalum menjadi solusi yang diharapkan lebih ringan karena bagian dalamnya tidak berisi spesi beton.

      Berdasarkan hasil uji pembebanan di Laboratorium Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jember bahan ini memiliki berat hanya 8 kg dan mampu menahan beban hidrostatik dan hidrodinamik air. Saat ini pintu air ini telah dipasang di 2 (dua) Kecamatan yaitu Arjasa dan Wuluhan. Pada Bulan Juli sudah dipasang 12 set Pintu Air berbahan komposit galvalum dan beton yang terletak di desa Tamansari dan Dukuh Dempok Kecamatan Wuluhan.

      Penelitian ini telah didokumentasikan pada “Buku Panduan Pembuatan Pintu Air” yang diberikan gratis kepada semua HIPPA dan Dinas Pengairan Kabupaten Jember sehingga harapan ke depannya petani dan masyarakat dapat berinovasi untuk meningkatkan produktifitas pertanian.

 

Search