Realisasikan Program Matching Fund, UM Jember Gelar Pelatihan Premarital Class untuk Mitra

 

     Universitas Muhammadiyah Jember mengadakan program Matching Fund 2021 dalam bentuk pelatihan konten edukasi Premarital Class untuk mitra pada Rabu (06/10/2021) hingga Kamis (07/10/2021) mendatang. Acara pelatihan ini merupakan bentuk kerjasama UM Jember dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (PPKB) Kabupaten Bondowoso. Program Matching Fund 2021 ini merupakan program Kementerian Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Kemenristekdikti) yang dipercayakan ke UM Jember. 

      “Kemenristekdikti pada dasarnya memang menyuruh kita untuk bisa menyelaraskan program dari dunia Perguruan Tinggi dengan dunia usaha dan dunia industri dalam hal ini stakeholder kita itu termasuk Pemerintah Kabupaten Bondowoso.” ujar Emy Kholifah R, MSi, Wakil Rektor I sekaligus Ketua Matching Fund 2021 Premarital Class.

      Konten pelatihan edukasi Premarital Class ini meliputi materi dan diskusi kebijakan pemerintah dalam Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana. Dalam aplikasi premarital class meliputi perisai catin, sinergitas program antar Lembaga (kemitraan dan kerja sama), kebijakan bimbingan calon pengantin di Kabupaten Bondowoso, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Bondowoso, dan manajemen premarital class dan scoring catin.

    Demi maksimalnya pelatihan edukasi Premarital Class, acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas PPKB  Bondowoso, Kabag Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Bondowoso, Kabag Desa Pemkab Bondowoso, Kabag Tata Laksana Pemkab Bondowoso, Kepala Kantor Kementerian Agama Bondowoso, Ketua Pengadilan Agama Bondowoso, Kepala Kominfo Bondowoso, Kepala KUA se-Kabupaten Bondowoso, Camat Botolinggo, Camat Cerme, Camat Maesan, Camat Wringin, Camat Wonosari.

    “Timingnya memang tepat sekali dengan apa yang akan dilaksanakan, karena memang saat ini Kabupaten Bondowoso lagi getol-getolnya membahas permasalahan dari pernikahan dini dan pernikahan anak yang masih tinggi, di Jawa Timur kami masih menduduki di posisi ke-3.” tutur dr Agus Suwardjito, MKes Ketua Dinas PPKB Kabupaten Bondowoso. 

    Agus juga menyampaikan bahwa kegiatan ini selain dilakukan di lima kecamatan, nantinya akan diperkuat di semua Kecamatan di Bondowoso. Selain itu, Agus juga berterimakasih, serta berharap bahwa kegiatan ini akan berjalan dengan lancar.

Search