Siap Dirikan Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Jember

    Universitas Muhammadiyah Jember terus membuktikan sebagai Perguruan Tinggi yang unggul dan mandiri salah satunya dengan mendirikan Rumah Sakit UM Jember. Berlokasi di Kelurahan Kranjingan, Kecamatan Sumbersari, Jember prosesi peletakan batu pertama pembangunan Rumah Sakit dilakukan Sabtu, (3/4/2021).

     Dihadiri oleh Bupati Kabupaten Jember H. Hendy Siswanto, beliau menyambut baik hal tersebut. Menurutnya, rumah sakit segera bisa difungsikan agar bisa memberikan manfaat bagi masyarakat di Kabupaten Jember. “Untuk masalah perizinan nanti akan difasilitasi oleh pihak Pemkab untuk kemudahan pengurusan.” ujarnya. Masyarakat Jember perlu pelayanan Kesehatan yang baik, nanti kalau ada masyarakat miskin yang berobat tolong jangan ditolak, pesan Hendy di sela-sela sambutannya.

    Wakil Rektor II Akhmad Suharto, MP menjelaskan bahwa Rumah Sakit tersebut nantinya akan dilengkapi 12 poli salah satunya ialah poli umum. Terdiri dari empat lantai dengan dua tahap pembangunan. “Proses pembangunan tahap 1 terdiri dari lantai satu dan dua, dilanjutkan pada tahap kedua yaitu lantai tiga dan empat.”

     Dana yang digelontorkan untuk pembangunan Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Jember sebesar 90 milyar. Target pendirian Rumah Sakit adalah tipe B Pendidikan. “Namun untuk tahap awal akan dibangun tipe C berkapasitas 125 kamar.”

    “Ini adalah amanah dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang baru kami laksanakan yang sudah dirancang sepuluh tahun yang lalu.” Hanafi menjelaskan bahwa pembangunan rumah sakit dilakukan secara estafet dari kepemimpinan periode rektor yang sebelumnya. “Pada kepemimpinan periode rektor yang sebelumnya telah membeli tanah seluas 6,5 hektare yang direalisasikan pembangunan pada periode sekarang.”

    Hanafi meminta dukungan, doa, dan semangat semoga Rumah Sakit nantinya akan bermanfaat bagi masyarakat di Kabupaten Jember. “Diproyeksikan, Rumah Sakit bisa difungsikan tahun depan.” ujar Hanafi.

    Sementara Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah dr. H. Agus Taufiqurrahman, M.Kes. Sp.S. yang turut hadir juga memberikan apresiasi yang besar, “Ini merupakan bukti nyata peran dan andil Muhammadiyah di dunia Kesehatan.” Dengan pendirian Rumah Sakit, Muhammadiyah bisa berperan dalam meningkatkan mutu kualitas Sumber Daya Manusia melalui Pendidikan dan Kesehatan. Beliau mengatakan RS UM Jember merupakan RS Muhammadiyah ke-34 di Indonesia.

Search