MASJID AL-QOLAM

 
Sebagai pusat kegiatan yang berhubungan dengan keagamaan, masjid Al-Qolam digunakan untuk tempat ibadah. Setiap harinya masjid ini digunakan untuk sholat berjamaah dan kegiatan-kegiatan keagamaan rutin seperti ceramah agama, kajian Islam, dan lain sebagainya.


STUDIO RADIO NUSANTARA FM

 
Universitas Muhammadiyah Jember menyediakan fasilitas atau sarana untuk mengembangkan softskill mahasiswanya dalam bidang penyiaran radio. Salah satu nya adalah membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk bergabung dalam radio kampus (Radio Nusantara FM) yang dikelola oleh Universitas. Mahasiswa yang mempunyai bakat dalam bidang penyiaran dapat menyalurkan bakatnya dengan bergabung menjadi penyiar. Disamping acara musik, radio ini juga menyiarkan talkshow dengan berbagai tema. Pembicara yang diundang bisanya dari dosen-dosen Universitas Muhammadiyah Jember yang berkompeten di bidangnya.


LAPANGAN BASKET

 
Lapangan basket dapat dimanfaatkan untuk kegiatan basket, baik untuk latihan ataupun pertandingan. Kegiatan rutin tahunan UBC (Unmuh Jember Basketball Championship) dilaksanakan di lapangan ini. Kadangkala lapangan ini juga dipakai untuk bermain futsal dan beberapa kegiatan mahasiswa lain.

LAPANGAN SEPAK BOLA

 
Lapangan sepak bola ini terletak di belakang area kampus Unmuh Jember. Lapangan ini sering digunakan dalam latihan maupun pertandingan, baik mahasiswa, dosen, maupun karyawan Unmuh Jember. Kadangkala lapangan ini digunakan oleh siswa SMA untuk latihan dan pertandingan.


WALL CLIMBING

 
Panjat dinding ini sering digunakan untuk latihan memanjat oleh UKM Pecinta Alam. Dengan adanya media panjat dinding ini, mahasiswa yang hendak mendaki ke gunung sudah dibekali melalui latihan panjat dinding.


GEDUNG SERBA GUNA A.ZAINURI

 
Gedung serbaguna Ahmad Zainuri merupakan gedung serbaguna. Gedung ini mempunyai Kapasitas kurang lebih 1000 orang dan biasa digunakan untuk acara wisuda Universitas. Selain digunakan untuk wisuda, gedung ini dipakai untuk pelatihan softskill, workshop, symposium, seminar, kuliah umum dan acara-acara akademik lainnya yang membutuhkan kapasitas banyak.

KLINIK M.SUHERMAN

 
Untuk mendukung pelayanan kesehatan terhadap para mahasiswa, dosen, maupun karyawan disediakan poliklinik. Poliklinik memberikan layanan pengobatan secara gratis bagi seluruh mahasiswa, karyawan, dan dosen yang ada dilingkungan Universitas Muhammadiyah Jember. Ketentuan-ketentuan bagi mahasiswa/mahasiswi Universitas Muhammadiyah Jember yang akan berobat di Klinik dr. M. Suherman adalah sebagai berikut: 1. Setiap kunjungan wajib membawa kartu berobat (berwarna hijau). 2. Untuk mendapatkan kartu berobat, wajib: (a) Menunjukkan KTM, (b) Membawa pasfoto 2x3 sebanyak 2 lembar (pada kunjungan pertama, maksimal di kunjungan kedua, jika sampai kunjungan kedua belum membawa foto, akan dianggap pasien umum, (c) Mengisi blanko kartu berobat. 3. Bagi yang sudah memiliki kartu berobat pada kunjungan berikutnya tidak membawa kartu berobat akan dianggap pasien umum. Jam buka poli umum di klinik dr. M. Suherman: Pagi : 08.00 – 14.00 Sore : 15.00 – 21.00 Poliklinik dr. M. Suherman mempunyai Unit Gawat Darurat yang buka 24 jam. Selain praktek dr Umum juga terdapat praktek dr Sepesialis. Klinik dr. M. Suherman juga membuka pelayanan kepada masyarakat umum.


GEDUNG UKM

 
Universitas Muhammmadiyah Jember mendukung kegiatan Unit kegitan Mahassiwa dengan menyediakan sebuah gedung. Gedung ini dipakai untuk sekretariat. Masing-masing UKM mempunyai ruangan tersendiri. Pada jam-jam kuliah Gedung ini selalu ramai dipenuhi oleh mahasiswa. Kegiatan UKM seperti rapat rutin, perencanaan kegitan-kegiatan dilakukaan di gedung ini.