Articles

FKIP UNMUH JEMBER GELAR PAMERAN ALAT PERAGA EDUKATIF

 

Unmuh Jember-News: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unversitas Muhammadiyah Jember bertekad untuk mencetak tenaga pendidik yang kreatif dan inovatif. Karena itu, selama proses perkuliahan, para mahasiswa ditempa dengan berbagai kegiatan keterampilan, khususnya menciptakan alat peraga edukatif yang mampu memvisualisasikan materi pelajaran ke dalam media sederhana namun efektif.

            Dan untuk mengapresiasi hasil karya mahasiswa, setiap tahun FKIP Unmuh Jember rutin menggelar pameran yang menampilkan sejumlah karya hasil kreatifitas mahasiswa. Uniknya, hampir seluruh karya mahasiswa yang ditampilkan, dibuat dari barang bekas yang di daur ulang. Sehingga, alat peraga edukasi karya mahasiswa ini, sekaligus memberi nilai tambah pada barang-barang bekas yang sebagian dibuang ke tempat sampah.

            Untuk tahun ini, Pameran Alat Peraga Edukasi diselenggarakan Program Studi Biologi dan Prodi (S.1) PAUD. Pameran yang berlangsung di Hall FKIP, Gedung Fanani, (28/1/2013), menampilkan sedikitnya 57 alat peraga edukatif, yang terdiri 50 alat peraga karya mahasiswa Prodi Biologi dan 7 alat peraga karya mahasiswa Prodi (S.1) PAUD.

            Salah seorang dosen pembimbing Prodi Biologi, Dra Sawitri Komariyati, MSi., menjelaskan pameran seperti ini sengaja digelar secara rutin, setiap akhir semester. Tujuannya, untuk mengapresiasi karya mahasiswa dan sekaligus memotivasi mahasiswa semester di bawahnya untuk membuat karya-karya yang lebih kreatif lagi pada tahun mendatang.

            Tujuan lainnya, kata Dra Sawitri, bahwa disadari atau tidak ke depan bangsa ini butuh guru-guru yang terampil, kreatif, inovatif dan profesional. Menjadi guru di masa mendatang, menurutnya tantangannya juga akan lebih berat. “Karena itu kedepan hanya mereka yang punya kreatifitas dan mampu berinovasi dengan menghasilkan karya-karya terbaik yang dibutuhkan masyarakatlah, yang akan sukses,” jelasnya.

            Sementara, Dekan FKIP Unmuh Jember, Drs.M. Zaki Hasan, M.Si., menyambut baik pameran yang digelar para mahasiswanya. Menurutnya, alat peraga edukasi merupakan salah media belajar yang mempunyai peran sangat penting dalam proses belajar mengajar di sekolah. Untuk era informasi seperti sekarang ini, menurut Dekan FKIP, berbagai alat bantu pendidikan layak dihadirkan di depan kelas untuk membantu efektifitas proses pendidikan.

            “Saya menyambut baik kegiatan pameran seperti ini, karena memang manfaatnya cukup besar. Dari sisi mahasiswa jelas, tugas membuat alat peraga pendidikan ini akan mendorong mereka untuk senantiasa berkreasi dan berinovasi, sehingga akan membuka cakrawala berfikir dan menghasilkan karya penelitian yang bermanfaat bagi pengembangan pendidikan,” ujarnya.

            Sementara bagi masyarakat, karya mahasiswa juga sangat bermanfaat karena dapat membantu proses pendidikan, terutama memudahkan kegiatan belajar mengajar, karena seorang guru bisa secepatnya memvisualisasikan mata pelajaran yang rumit. “Satu contoh alat peraga yang mampu memvisualisasi organ dalam manusia, maka murid akan mudah melihat apa saja yang ada dalam tubuh manusia dan bagaimana cara kerjanya, semuanya tergambar dengan jelas melalui alat peraga,” jelas Drs M. Zaki.

               Meski hanya berlangsung sehari, kegiatan pameran kali ini banyak menyedot perhatian pengunjung. Tidak hanya sesama mahasiswa Unmuh Jember saja yang melihat dan menyaksikan pameran kali ini, namun sejumlah pendidik (guru) dari beberapa sekolah lanjutan, mulai SMP, SMA, SMK di Jember, juga ikut melihat berbagai alat peraga yang dipamerkan. (Suyono)

 

Add comment


Security code
Refresh

Alamat

Kampus Universitas Muhammadiyah Jember

Jl Karimata no 49 Jember

Jawa Timur

Telp :+62 331 336728  Fax: +62 331 337957

Email : This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.