Berita Terkini

UM Jember. Lagi, dunia semakin mengenal UM Jember dan menjadi salah satu bagian yang patut untuk diperhitungkan di antara perguruan tinggi dan swasta lainnya wilayah jawa timur. Pada 8/12/2017 lalu UM Jember kembali menambah kerjasama dengan perguruan tinggi negeri dan swasta dalam lingkup internasional, kali ini adalah Negara Taiwan dibawah naungan diktilitbang PP Muhammadiyah. Kabar menggembirakan ini disampaikan langsung oleh Rektor UM Jember Dr.Ir M Hazmi DESS melalui pesan whatsahap (8/12/2017) kepada Humas UM Jember. "Kerjasama ini dibawah payung kerjasama antara Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah dan Menteri Pendidikan Taiwan'', terang Rektor. "Kita hadir ke Taiwan atas undangan dari menteri pendidikan Taiwan, rombongan 24 PTM se Indonesia dipimpin oleh Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah”. Imbuhnya.

Dalam penandatanganan Mou tersebut telah disepakati beberapa hal diantaranya saling memberikan manfaat yang berasal dari interaksi ilmiah, pertukaran budaya, penelitian kooperatif dan bentuk kolaborasi akademis, Pertukaran mahasiswa dan anggota staf akademik, program gelar ganda atau bersama untuk mahasiswa (2 + 2) dan lulusan (1 + 1), Kolaborasi pelatihan siswa dan staf akademik, Bantuan timbal balik dan koordinator dalam seminar konferensi dan lokakarya, Penelitian bersama dan pertukaran bahan publikasi akademis atau informasi, Kerjasama dalam proyek pelatihan untuk area pengembangan tertentu dan Kesempatan untuk bentuk kerjasama lainnya, seperti penyerahan beasiswa penghargaan dan non-penghargaan program master dan doktor.

Selama di Taiwan rektor dan rombongan akan mengunjungi 7 Perguruan Tinggi negeri dan swasta diantaranya: National Taipe University of Nursing and Healt Sciencis (NTU-NH), Yuanpei University of Medical Technologu (YUMT), Hungkuang University, Asia University, Da-Yeh University, National Cheng Kung University, Soochow University. Dalam perjalanan selama di Taiwan rektor beserta rombongan juga dijadwalkan melakukan penandatanganan MoU bersama 23 PTM dan 27 PT Negeri dan Swasta di Hotel Palais de Chine Taiwan pada 11/12/2017.

Indonesia sebagai salah satu negara anggota ASEAN pada tahun 2009 telah memiliki kesepakatan bersama yang dituangkan dalam Mutual Recognition Arrangement (MRA) yang menghasilkan produk berupa Common ASEAN Tourism Curriculum (CATC), Common Competency Standard Framework for Tourism Profesionals (ACCSTP) sehingga profesi dibidang pariwisata telah mendapatkan pengakuan dengan sesuai MRA ASEAN berada di nomor delapan, sedangkan posisi pariwisata menurut ASEAN Framework Agreement for The Integration of Priority Sector adalah berada di nomor sepuluh. Pada sektor pendidikan pemerintah melalui Kemenristekdikti juga telah memberlakukan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) sejak tahun 2012.

Sejalan dengan hal tersebut Akademi Pariwisata (AKPAR) Muhammadiyah Jember telah melakukan beberapa program untuk mempersiapkan lulusannya sehingga sesuai dengan standar baik secara KKNI maupun standar MRA dan khususnya untuk mempersiapkan lulusan AKPAR dalam menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi Asean). Salah satu program tersebut adalah sertifikasi profesi tingkat mahasiswa yang diselenggarakan oleh Lembaga Pusat Pengembangan Karir dan Alumni (LP2KA) AKPAR Muhammadiyah Jember pada Hari Sabtu, 25 Nopember 2017. Salah satu tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut menurut Direktur AKPAR Muhammadiyah Jember, Hadi Jatmiko, SST. Par, M.Si secara umum terdapat dua hal, yang pertama bagi lembaga pendidikan diantaranya adalah membantu dan memastikan link and match antara kompetensi lulusan lembaga pendidikan dengan tuntutan dunia industri, tujuan yang kedua bagi mahasiswa dan lulusan adalah untuk membantu mahasiswa dan lulusan dalam memenuhi persyaratan regulasi pemerintah, khususnya dengan terbitnya UU No 12 tahun 2012 tentang pendidikan tinggi serta untuk membantu mahasiswa dan lulusan mendapatkan pengakuan kompetensi lintas sektor dan lintas negara.

Selain program tersebut AKPAR Muhammadiyah Jember telah menjalin kerjasama dengan dunia industri dalam hal ini adalah hotel berbintang yang ada di dalam dan luar negeri. Untuk kerjasama luar negeri melalui program OJT (On The Job Training) AKPAR Muhammadiyah Jember telah bekerja sama dengan hotel yang berada di Malaysia, antara lain: Intercontinental Hotel, Nilai Spring Resort, Concorde Inn KLIA. Dengan program OJT luar negeri selama 6 bulan mahasiswa belajar bagaimana beradaptasi dan bekerja pada sektor formal yaitu bidang hospitality yang dimulai sejak mereka kuliah. AKPAR Muhammadiyah berharap bahwa lulusannya telah memiliki kompetensi yang telah terstandar nasional dan internasional sehingga memiliki daya saing untuk berkompetisi dan berkolaborasi dalam dunia kerja.

UM Jember. Pada Rabu 29 Nopember 2019 UM Jember kembali menerima bantuan dari kolega-kolega yang selama ini menjadi Stakeholder yang membantu UM Jember dalam berbagai hal.

UM Jember. Menjadi besar dan menjadi baik dibawah naungan nama besar UM Jember lebih bermanfaat jika turut membesarkan nama UM Jember dengan menyematkan prestasi yang terus meningkat.

UM Jember. Tahun kedua dalam student Exchange yang dilakukan oleh fakultas ilmu kesehatan UM Jember ternyata mendapatkan aprisiasi yang sangat baik bagi semua pihak,

UM Jember. Permintaan pelatih yang cukup tinggi serta semakin banyaknnya anggota Hizbul Wathan yang membutuhkan binaan maka ini merupakan sebuah tanggung jawab besar bagi pimpinan untuk membantu menyediakan sarana dan prasarana berupa SDM yang berkualitas sebagi penerus-penerus dan Pembina bagi peserta didik. Maka Kwartir Wilayah Hizbul Wathan Jawa Timur pada 1 Nopember 2017 bertempat di UM Jember memberikan jawaban atas permasalahan-permasalahan yang ada dengan mengadakan acara kursus Jaya melati 1 se konsul Besuki sebagai tempat untuk mencetak pelatih-pelatih yang kompeten.

Dalam acara kursus Jaya Melati 1 ini diikuti oleh guru diseluruh sekolah sekolah muhammadiyah se konsul Besuki diantaranya Jember, Probolinggo, Banyuwangi, Situbondo, Bondowoso dan Lumajang, total peserta berjumlah 50 orang. Acara ini akan dilaksanakan selama 5 hari sejak tanggal 1-5 Nopember 2017 dengan menggunakan fasilitas yang ada di UM Jember. Pada saat acara pembukaan kursus jaya melati ini di hadiri langsung oleh ketua PDM H kusno S.PdI, ketua serta sekretaris Dikdasmen PDM Jember, Kwartir Pusat Hizbul Wathan Ramanda Muchsinun selaku ketua yang membawahi korbid pembinaan anggota dan peserta didik serta jajaran pimpinan kwartir Wilayah Hizbul Wathan Jawa Timur. Dalam sambutan Ketua PDM mengatakan“ saya turut bahagia dan bangga atas terselenggarakannya acara yang melibatkan konsul Besuki yang ditempatkan di kabupaten Jember. Seluruh amal usaha muhammadiyah di jember kita beri garis, bahwa seluruh kegiatan yang berhubungan dengan ortom dan persyarikatan harus dibackup, wajib khususnya untuk disukseskan dimanapun tempatnya. Ujar H Kusno . “kita ingin menjadikan kebersamaan sebagai kekuatan, karena kita semua tidak bias bergerak sendiri-sendiri , AUM adalah alat perjuangan untuk mencapai tujuan persyarikatan sedangkan ortom (organisasi otonom ) dibentuk untuk perluasan cakupan capaian dari pada tujuan”. Tegasnya. “Apa yang diinginkan Kyi. H Ahmad Dahlan tentang keberadaan Hizbul Wathan ini sebagai ortom yang sangat khusus mencetak kader yang ideologis praktis artinya semua jiwanya semua jiwanya tidak boleh tidak persis dengan Muhammadiyah. Praktis, tidak perlu tinggi-tinggi teorinya segera diamalkan segera dikerjakan tidak butuh teori macam macam tetapi ajaran islam mengatakan kamu adalah pemakmur kamu adalah khalifah kamu bertanggung jawab atas kemakmuran yang ada di muka bumi ini. Konsep dasar itu kemudian dipraktekkan bagaimana menciptakan kemakmuran, Terangnya.

Dengan mengakui keberagaman mengakui perbedaan, sekecil apapun potensi di tengah-tengah kehidupan manusia dan masyarakat adalah kekuatan yang dahsyat kalau itu dimanage dengan baik dan benar. “jadi kalau HW itu kemudian tidak bias berkembang itu bukan salahnya norma yang ada didalam undang-undang HW tetapi didalam mengiplementasikan belum ada komitmen Yang sungguh-sungguh . mana mungkin sebuah gerakan yang dilandasi dengan tauhid yang tulus kemudian tidak bias tumbuh dan berkembang tidak bisa diterima di masyarakat.” Tegas H Kusno Ketua PDM dalam Sambutan.

Dalam sambutan lain M Arsyad selaku kordinator ketua konsul besuki dalam sambutanya mengatakan, “Hizbul Wathan ini adalah pendidikan ketiga setelah lingkungan keluarga dan sekolah inilah pendidikan karakter. Dengan tujuan agar supaya kader-kader Muhammadiyah kader-kader Umat bangsa ini tangguh, cakap, mandiri dan mampu menjadi pemimpin yang terbaik, pemimpin yang diridhoi oleh Allah SWT sehingga membawa umatnya, Masyarakatnya menjadi ahli surga”. Sambutnya. “Keberadaan Hizbul Wathan bisa dirasakan dimanapun hingga saat ini. Saya harap Hizbul Wathan Besuki ini bisa menjadi tonggak yang mengawali Hizbul Wathan Untuk Indonesia”. Tegas M Arsyad. Dengan ucapan Bismilah dan ditancapkanya kapak diatas media kayu maka resmilah acara kursus Jaya Melati ini dilaksanakan.

UM Jember. Pada Jum’at 31 Oktober 2017 bertempat digedung A ruang rapat lantai 2 UM Jember menyambut kedatangan tamu dari Kementrian Riset, Teknologi, dan pendidikan tinggi Direktorat Jendral Kelembagaan Ilmu Pengetahuan,

UM Jember. Fakultas psikologi dalam rangka mempertajam pemahaman mahasiswa terkait konsep-konsep dasar teori maupun aplikasi keilmuan psikologi pada sabtu 21 Oktober 2017 bertempat di Aula gedung Ahmad Zaenuri UM Jember telah menyelenggarakan agenda rutin kuliah umum dengan mendatangkan pemateri yang kompeten dibidang psikologi.

UM Jember. Suatu kebanggaan bagi UM Jember pada Jum’at 20 Oktober 2017 rektor UM Jember Dr. Ir M Hazmi DESS menyambut kedatangan tim asesor Kemenang RI dalam rangka visitasi pembukaan program studi baru di fakultas agama islam (FAI).

Copyright © 2017 University of Muhammadiyah || UPT Pusat Data & Informasi