Kkn 29 Universitas Muhammadiyah Jember Peduli Stunting Di Desa Slateng

Desa Slateng merupakan desa dengan peringkat 8 stunting se – Kabupaten Jember. Menjadi sorotan Kementerian Kesehatan terkait hal tersebut. KKN 29 Universitas Muhammadiyah Jember yang bertepatan menempati desa Slateng tergerak untuk mengajak masyarakat memahami terkait stunting dan mengajak masyarakat untuk peduli stunting. Penanganan dasar yang dapat diberikan yaitu penyuluhan mengenai stunting kepada masyarakat sekitar desa slateng.

"Penyuluhan stunting dilaksanakan pada saat posyandu berlangsung. Posyandu diadakan di dusun tegalan II, desa slateng, kecamatan ledokombo, kabupaten Jember. Masyarakat dusun Tegalan II sangat antusias untuk mengantarkan anaknya ke posyandu. Posyandu tersebut diadakan oleh pihak puskesmas setempat." Ujar Maryam salah satu Mahasiswa UM Jember.

"Posyandu yang dilaksanak di dusun tegalan II (8/2) memiliki beberapa kegiatan diantaranya menimbang berat badan bayi, mengukur tinggi badan bayi, dan pemberian vitamin A. Pemberian vitamin A dibedakan menjadi 2, yaitu untuk usia 6-12 bulan kapsul berwarna biru dan untuk usia 1+ berwarna merah. Tujuan pemberian vitamin A adalah untuk menghindari sakit mata pada balita". Ujar bu Cicik selaku bidan di desa slateng.

Salah satu Mahasiswa yang bernama Icha menjelaskan bahwa, "Setelah posyandu dilaksanakan para mahasiswa KKN 29 UM Jember meminta waktunya kepada ibu-ibu yang hadir di posyandu untuk memberikan penyuluhan terkait tentang stunting. Materi stunting disampaikan oleh Widya, Yasin dan Claudia. Tidak hanya menyampaikan materi, tetapi mereka juga membagikan brosur mengenai stunting agar dapat dipelajari oleh ibu-ibu yang hadir di posyandu".

 

Search