FE UM Jember bersama IAIKpD Selenggarakan Pre-Conference Workshop SNA XX 2017 di UM Jember

UM Jember. Fakultas Ekonomi UM Jember untuk pertama kalinya menyelenggarakan Pre-Conference Workshop SNA XX 2017 bersama IAIKpD.

Pada Workshop kali ini merupakan acara tahunan yang diadakan oleh IAIKPd (Ikatan Akuntan Indonesia Kompartemen Akuntan Pendidik) dengan peserta Workshop adalah perwakilan beberapa kampus negeri dan swasta diseluruh Indonesia. Jumlah peserta pada acara ini adalah 111 orang dari beberapa provinsi di Indonesia.

Workshop SNA XX sejatinya akan dilaksanakan mulai tanggal 26-28 September 2017 di Unej, namun sebelum itu diselenggarakan terlebih dahulu diadakan Pre-Conference Workshop SNA XX 2017 yang ditempatkan di UM Jember. Pada agenda pertama tanggal 26 September 2017 diadakan Pre-Conference Workshop SNA XX dengan rangkaian acara pembukaan sekaligus sambutan oleh rektor UM Jember Dr Ir M Hazmi DESS dan Ketua IAIKPd (Kompartemen Akuntan Pendidik)  Prof.  Dr Nunuy Nur Afiah, SE., M.,Si., Ak., CA.  Dalam sambutan rektor mengatakan “ Selamat datang kepada seluruh delegasi workshop SNA (simposium Nasional Akuntansi) XX seprovinsi Indonesia di UM Jember, Kampus UM Jember memiliki luas area 13 hektar degan lahan luas kebelakang, terimaksih kepada seluruh panitia dan peserta yang telah berkontribusi dalam kegiatan workshop ini, mari Kita ajak bersama untuk berlatih bekerja untuk kedepannya kita bisa lebih baik lagi. Kami UM Jember berusaha untuk berkembang terus khusus bidang ekonomi  termasuk manajemen, pada tangal 9-20 September 2017 yang lalu kami mencoba menjajaki perluas kerjasama dengan pihak internasional pada beberapa perguruan tinggi inggris, Prancis, Belanda, dan Belgia, diantranya adalah Coventry University - London dan De Monfort University di Leicester - London,  University of Westminster,  University of Harper Adams di Birmingham, Paris-Sorbonne University (Maison Internationale de Paris 1) pada perguruan tinggi di negara belanda UM Jember menjajaki kerjasama pada bidang economi and law serta pariwisata,” sambut Rektor.  “Ini adalah peluang research pertukaran dosen atau bahkan kunjungan mahasiswa, semua dalam bentuk MOU yang akan ditidak lanjuti dan diaplikasikan oleh UM Jember”. Terang Rektor. Rektor juga berharap mudah mudahah harapan kami dalam conference kali ini bisa memacu dan menambah spirit terutama d UM Jember.  “Menurut pengalaman acara seperti ini bisa menambah spirit  dan bekerja lebih baik kedepan sehingga khususnya akuntansi di UM Jember bisa lebih baik, Kita sangat senang dengan adanya kerjasama dengan UNEJ karena UNEJ merupakan tetangga yang baik bagi UM Jember atau bisa di katakan juga merupakan mentor bagi UM Jember kita selalu komunikasi dengan baik, Kami harap bisa nyaman di kampus kami dengan apa adannya kami disini. Mudah mudahan semakin kedepan akan semakin baik. Ini adalah acara model pertama ber konsep pre conference, ini kesempatan bagi teman-teman dosen untuk lebih dekat dan memperdalam ilmu kepada ekspert-ekspert yang sudah hadir dalam acara.” Tegas Rektor, Dr Ir M Hazmi DESS.

Ketua IAIKPd (Kompartemen Akuntan Pendidik)  Prof.  Dr Nunuy Nur Afiah, SE., M.,Si., Ak., CA. Juga memberikan sambutan pada saat acara pembukaan Pre-Conference Workshop SNA XX Universitas Muhammadiyah Jember. Dalam sambutannya Prof.  Dr Nunuy Nur Afiah, SE., M.,Si., Ak., CA mengucapkan terimakasih kepada UM Jember yang telah menerima IAIKPd dengan terselenggaranya acara Pre-Conference workshop SNA (simposium Nasional Akuntansi) XX di UM Jember. “Mudah mudahan semangat globalisasi itu hadir di UM Jember dengan menguatkan pendidikan tinggi  yang  berkualitas tinggi dan juga mendapatkan pengakuan global. Dan kami doakan semoga UM Jember ini lebih banyak mendapatkan prestasi di masa yang akan datang. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada pimpinan fakultas Ibu Dr Ari yang selalu bekerjasama dan berkoordinasi dengan kami,” Terang Prof.  Dr Nunuy Nur Afiah, SE., M.,Si., Ak., CA,  dalam sambutan

IAIKPd (Ikatan Akuntan Indonesia Kompartemen Akuntan Pendidik) pada saat ini september 2017 genap berusia 60 tahun telah berdiri dan berkontribusi untuk Indonesia. “Mudah mudahan dengan usia yang sudah matang ini kita semua dapat berkiprah bagi kepentingan khusus untuk akuntan pendidik ini untuk kepentingan pendidikan nasional yang kita kuatkan dari hari kehari. Kemudian untuk SNA ini pun juga spesial karena ini kita memasuki SNA yang ke 20,” Ujar Dr Nunuy Nur Afiah, SE., M.,Si., Ak., CA, selaku ketua IAIKPd. “Indonesia diharapkan tridak tertinggal kita punya satu mailstone dimana kita didalam era masyarakat ekonomi ASEAN yang tentu sebagai populasi terbesar kita  indonesia juga diharapkan mampu memimpin maka dalam kontribusi inilah diharapkan researc-research yang kita miliki tidak hanya sekedar berhenti pada laporan research itu sendiri kemudian dihasilkan tetapi jiga dapat dipublikasikan dan terpenting adalah bagaimana dia dapat berdampak bagi komunitas, dan inilah yang kita harapkan,” imbuhnya.

pada agenda berikutnya setelah acara pembukaan selesai seluruh peserta akan dibagi menjadi beberapa kelompok kecil untuk melakukan sesi Pre-Conference Workshop SNA XX 2017 secara panel di kelas-kelas yang sudah disediakan oleh panitia. Terdapat 9 materi yang akan disampaikan oleh para ekspert dalam workshop kelas panel diantaranya Metodologi Penelitian Prostrukturalis-Postmodernis Akuntansi, Isu-Isu Research CSR Dan Pengukurannya (dengan GRIG4-Core), Learning Outcame S1 Akuntansi Syariah, Workshop Penulisan Buku Ajar Dan Strategi Publikasi Pada Penerbitan Besar, Workshop PSAK Terkini Dan Pemutakhiran Materi Ajar Forum Dosen Akuntansi Keuangan, Pengajaran Strategi Manajemen Sektor Publik (SMSP), Pengajaran Akuntansi Manajemen Sektor Publik (AMSP), Metode Riset Akuntansi Pendekatan Kuantitatif, Enterprise Manajemen Resiko (ERM). Dari kesembilan materi tersebut akan disampaikan secara berkala disetiap kelas-kelas panel. “Sedangkan pada tanggal 28 September 2017 nantinya akan ada agenda kuliah umum oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak.”, Ujar Norita Citra Yuliarti, SE. M.M selaku ketua panitia pelaksana.

 

Copyright © 2017 University of Muhammadiyah || UPT Pusat Data & Informasi