Um Jember Gandeng Adams Harper University Uk Untuk Kembangkan Pertanian Organik Terpadu Di Desa Sruni Jenggawah Jember

UM Jember. Satu lagi ketercapaian luar biasa bagi UM Jember yang diraih saat ini. UM Jember dengan cita-cita dalam mewujudkan research university nampaknya semakin percaya diri untuk mewujudkannya.

Pada Rabu, 13 September 2017 telah disahkan dua penandatanganana MoU secara bersamaan antara UM Jember dan Harper Adam University serta Bradford University di Birmingham UK (inggris) untuk bidang Pertanian. Dengan adannya penandatanganan ini maka secara otomatis UM Jember memiliki ikatan kuat dengan dua perguruan tinggi ternama tersebut dalam berbagai hal terkait dunia pertanian. salah satu yang akan digarap nantinya adalah proses pengabdian dibidang masyarakat dalam hal pertanian organik terpadu yang saat ini telah menjadi salah satu program pengabdian yang ada di fakultas pertanian.

Pertanian Organik Terpadu di Desa Sruni Jenggawah Jember ini merupakan sebuah program pengabdian yang didapat dari dikti dari program IPTEK Bagi Desa Mitra (IBDM) oleh tim peneliti yang diketuai oleh Dr Ir M Hazmi DESS beserta tiga orang anggota lainnya yakni Ir Insan Wijaya MP, Ir Arif Nurahmadi MP, Dan Syamsul Hadi Kusuma SP MP. “Tim Pertanian Organik Terpadu (POT) UM Jember dalam pelaksanaanya kami sudah melakukan sosialisai di desa seruni dan juga telah menerjunkan 9 orang mahasiswa sebagai tim fasilitator untuk membantu pelaksanaananya”. Ujar Syamsul Hadi Kusuma SP MP selaku anggota TIM.

Dengan adanya kerjasama yang dituangkan dalam MOU antara UM Jember dan Adams Harper University UK khususnya dibidang pertanian, maka desa organik yang menjadi binaaan um jember di desa seruni kecamatan Jenggawah juga akan memiliki dampak positif dari hasil kerjasama tersebut. Menurut Syamsul Hadi Kusuma SP MP selaku anggota TIM mengatakan “ dari hasil mou itu maka kerjasama yang dapat dimanfaatkaan diantaranya, pertama berupa teknologi yang berupa pengetahuan tentang sistem pertanian organik, kedua bisa minta bantuan hibah peralatan baik untuk pembuatan pupuk organik maupun pestisida organik, ketiga adalah dalam sistem pemasarannya”. Ujarnya. “Jadi selama ini kita belum mempunyai sisitem pemasaran khususnya diproduk-produk organik, yang penting lagi jika memungkinkan itu proses hilirisasi system of farm untuk kegiatan agribisnis dan itu butuh peralatan dan teknologi pengetahuan maka ini adalah peluang bagi UM Jember” imbuh Syamsul Hadi Kusuma SP MP selaku anggota TIM.

Sedangakan menurut ketua TIM pelaksana Dr Ir M Hazmi DESS mengatakan “MoU yang telah dilaksanakan UM Jember dengan Adams Harper University UK ini dapat menjadi salah satu pengembangan konsep POT (pertanian organik terpadu), penelitian bersama, publikasi bersama, pertukaran dosen, dan studi lanjut dosen”. Ujarnya. “sedangkan harapan jangka panjang dari penandatanganan ini , UM Jember dapat berpartisipasi dalam: 1. Mengembangkan pertanian organik di kabupaten Jember, 2. Meningkatkan penerapan POT (pertanian organik terpadu) oleh masyarakat Seruni, 3. Meningkatkan produk pertanian organik dari kab Jember. 4. Menambah sarana pembelajaran bagi mahasiswa UM Jember”. Tegasnya Dr Ir M Hazmi DESS selaku ketua TIM.

Hasil pengabdian dikti IPTEK desa Mitra yang saat ini sedang dijalankan oleh Um Jember akan terlaksana selama 3 tahun dan muara hasil dari 3 tahun itu desa seruni akan menjadi salah satunya desa binaan di UM Jember yang berbasis Techno Park sience dan juga didukung oleh kerjasama dengan pihak puslit kakao indonesia. Dalam kerjasamanya Puslit Kakao Indonesiaakan memberikan bantuan berupa bibit ke desa seruni dengan aplikasi perlakuan organik sebagai pembverdayaanya. “dari tiga pihak akan disinergikan antara pihak UM Jember dengan Adams Harper University UK dan Puslit Kakao Indonesia disamping mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang ilmu yang bersangkutan juga dalam rangka untuk memberdayakan masyarakat”. Tegas Syamsul Hadi Kusuma SP MP selaku anggota TIM.

Copyright © 2017 University of Muhammadiyah || UPT Pusat Data & Informasi