UM Jember Menuju Standar Mutu Akademik ISO 9001:2015

UM Jember. Penjaminan mutu merupakan serangkaian proses dan sistem yang terkait untuk mengumpulkan, menganalisis, dan melaporkan data mengenai kinerja dan mutu pendidik dan tenaga kependidikan, program, dan lembaga.

Proses penjaminan mutu mengidentifikasi beberapa aspek pencapaian dan prioritas peningkatan, menyediakan data sebagai dasar perencanaan dan pengambilan keputusan, membantu membangun budaya peningkatan mutu secara berkelanjutan dan berkualitas.

Um Jember pada sabtu, 5/8/2017 bertempat di gedung A Lt.2 ruang rapat telah menyelenggarakan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) yang diselenggarakan oleh Lembaga Penjaminan Mutu dengan mengundang bersama seluruh unit dan pimpinan, dekan, serta kaprodi yang ada dilingkungan UM Jember. Acara yang di pimpin oleh LPM ini diawali dengan pembukaan, pembacaan kalam ilahi, sambutan Rektor Dr Ir M Hazmi DESS dan laporan Kepala Unit Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Iin Ervina, S.Psi., M.Si.

Dalam Laporan yang disampaikan oleh kepala LPM Iin Ervina, S.Psi., M.Si., mengatakan “ dari seratus persen nilai kesempurnaan pada hari ini berdasarkan hasil tim monitoring atau tim evaluasi diri yang dibentuk oleh LPM masih ada sekitar 30% yang belum memenuhi standart yang ditentukan. Um Jember Jember telah mendapatkan sertifikat Standart ISO 2008 dengan versi pembaruan 2015 tentang tata kelola”. Terang kepala LPM Iin Ervina, S.Psi., M.Si. “ kami juga berterimakasih kepada seluruh pihak yang telah bekerjasama dalam proses pengisian dan kelengkapan yang kami tuliskan sehingga masuk dalam sisitem Repository Directorate Dikti, sehingga pada tanggal 24-25 Agustus 2017 UM Jember di tunjuk sebagai Penyelenggara bimtek internal sistem penjaminan mutu untuk perguruan tinggi negeri dan swasta di wilayah Jember dan Banyuwangi.” Tambah kepala LPM Iin Ervina, S.Psi., M.Si. kabar gembira ini mendapat respon yang baik dari seluruh tamu undangan.

UM Jember yang telah mendapat Sertifikat standard ISO 2008 Versi 2015 tentang tata kelola memang terus berupaya meningkatkan perbaikan dari segala aspek demi terwujudnya visi menjadi organisasi jaminan mutu pendidikan tinggi yang handal dalam implementasi sistem manajemen mutu, guna memastikan terpenuhinya standar mutu akademik bagi terwujudnya UM Jember dalam membangun peradaban lokal dan global yang diridhoi oleh Allah SWT.

Selanjutnya Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) dipimpin oleh Rektor Dr Ir M Hazmi DESS dan berlangsung dalam suasana diskusi. Dalam rapat Rektor menyampaikan beberapa hal terkait permasalahan yang ditemukan disetiap area diantaranya:

1. Kurangnya tempat penyimpanan

2. Belum memiliki pengetahuan yang cukup terhadap standar ISO 9001 : 2015

3. Kurang kesadaran akan menjaga kebersihan

4. Kurang maksimalnya tenaga kebersihan

5. Tidak tersusunya dokumen dengan baik

6. Tidak tersusunya mesin dan peralatan yang dimiliki oleh area.

Dalam upaya peningkatan mutu UM Jember Rektor mengajak semua unit dan lembaga yang terlibat dalam proses ini untuk menerapkan 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin) sesuai dengan Standar ISO 9001:2015. Harapan ini tentunya juga harus didukung oleh semua pihak yang bersangkutan demi tercapainya visi yang sudah ditentukan. Terang Rektor Dr Ir M Hazmi DESS. (AI).

Copyright © 2017 University of Muhammadiyah || UPT Pusat Data & Informasi