Prodi Ilmu Pemerintahan FISIP UM Jember Adakan Pelatihan Penerapan Geographic Information System (GIS) Untuk Mahasiswa.

UM Jember. Sistem informasi dapat diimplementasikan terhadap banyak hal bisa masuk kedalam saintek maupun ilmu sosial humaniora. Fakultas Ilmu sosial dan ilmu Politik Um Jember

pada selasa, 18/7/2017 bertempat di gedung B telah mengadakan pelatihan  Geographic Information System (GIS) yang di ikuti oleh 36 mahasiswa prodi Ilmu Pemerintahan.

GIS menawarkan suatu sistem yang mengintegrasikan data yang bersifat keruangan (spatial) dengan data tekstual yang merupakan diskripsi menyeluruh tentang obyek dan mempermudah pengguna menyebarluaskan kaitannya dengan obyek lain di ruang muka bumi. Dengan sistem ini data dapat dikelola dan dimanipulasi untuk keperluan analisis secara menyeluruh dan sekaligus menampilkan hasilnya dalam berbagai format baik dalam bentuk peta maupun berupa tabel atau laporan (Asmarul A, 2000).

Sebagai pemateri dalam pelatihan ini adalah Bapak Taufan S.T.,M.T selaku dosen Teknik Sipil  UM Jember. “Pelatihan GIS dasar ini tentunya banyak manfaat yang bisa didapat diantaranya bisa mengoperasikan aplikasi GIS untuk menunjang ilmu dibidang perencanaaan yang berkaitan dengan ilmu pemerintahan. Ujar elok salah satu peserta Pelatihan GIS. Manfaat lain dari pelatihan ini adalah dalam bidang pemeritahan dapat membantu pemerintah dalam bidang perencanaan pembangunan wilayah, untuk pengawasan daerah bencana alam, untuk mengetahui berbagai potensi yang ada disetiap wilayah, pemetaan dan lain-lain. 

Setelah materi selesai diberikan secara teori maka seluruh peserta yang mengikuti pelatihan GIS di berikan pengarahan untuk praktek secara langsung menggunakan  komputer yang terdapat aplikasi GIS didalamnya. “Kedepannaya para peserta yang telah mengikuti pelatihan ini akan di diikutkan kembali pada pelatihan tahap lanjutan.” Ujar Ketua Panitia. Selain materi utama, materi lainnya juga diberikan oleh Dosen FISIP yakni Ibu Putri Robiatul A., S.Sos. M.Si. dan  Ria Angin, Dra, M.Si. dengan materi  keterkaitan antara GIS dengan Ilmu Pemerintahan. Suksess FSIP UM Jember. (Ai)

 

Copyright © 2017 University of Muhammadiyah || UPT Pusat Data & Informasi