Fakultas Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jember selenggarakan Seminar Internasional mengenai Geriatri Sindrom

Sabtu, 7 september 2019. Fakultas Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jember menyelenggarakan International Seminar Call Of Paper & Workshop dengan tema seminar yakni “Resolving Geriatric Syndromes Through Implementation of Elderly Service Policy” dan tema workshop yang bertemakan “Early Defection and Treatment of Acute Confusional Stage in Senior Haji Pilgrims”. Bertempat di gedung ahmad zaenuri dihadiri oleh rektor UM Jember Dr. Ir. Muhammad Hazmi DESS, pimpinan, dosen, tamu undangan, seluruh mahasiswa fakultas kesehatan dan peserta seminar call paper dan workshop. Tamu undangan yakni Kepala Dinas Kabupaten Jember, Ketua DPP PPNI Provinsi Jawa Timur, DPD PPNI Kabupaten Jember.

Dalam laporannya ketua panitia yakni Suparman, S.Kep mengutarakan bahwa peserta keseluruhan yakni berjumlah 430 peserta dengan peserta Call For Paper adalah24 Peserta. Kegiatan ini berlangsung selama 1 hari diawali dengan seminar dan dilanjutkan dengan workshop yang dihadiri oleh seluruh perwakilan dari masing-masing puskesmas Kabupaten Jember. Tujuan dari kegiatan ini adalah membagi pengetahuan kepada masyarakat umum dan khususnya untuk petugas kesehatan dalam keperawatan khususnya keperawatan bagi lansia.

Pemateri dari dalam dan luar negeri yakni, Leonard Ivan T. Melana, RN, MAN, PhD,s (National University of Nursing and Healting Sciences Taiwan), (Prof. Rosediani (Family Medicine Depatrment, School of Medical Sciences, Health Campus, University Malaysia), Assoc. Prof. Dr. Khanitta Nuntaboot (Khon Khaen University Thailand), Ns. Sri Suhartatik, S.Kep., M.Kes., M.Si (Health Official of East Java Province), Puspita Merinda Putri Sanrio, S.Kep (Universitas Muhammadiyah Jember), Dra. Junaiti Sahar, S.Kp., M.App. Sc., Ph.D (Universitas Indonesia), H. Edi Yuwono, S. Kep., Ns., S.Pd., MM (Forum Perawat Kesehatan Haji Indonesia/FPKHI Provinsi Jawa Timur). Materi yang disampaikan berbeda-beda namun tetap dalam sub tema, yakni mengenai apa yang dimaksut dengan sindrom geriatric, cara pelayanan keperawatan, kebijakan pemerintah mengenai kesehatan lansia, dan pemberian sistem perawat kesehatan lansia melalui posyandu lansia sebagai layanan geriatric masyarakat.

Dekan Fakultas Kesehatan, amat bangga menyelenggarakan seminar internasional ini karena secara tidak langsung dapat berkonstribusi dalam ilmu pengetahuan mengenai Layanan Geriatri kepada Masyarakat Lansia khususnya petugas kesehatan. “Ilmu atau pengetahuan kesehatan mengenai lansia amat penting dipelajari, terutama geriatri lansia yang akan dan sedang melaksanakan haji. Pembahasannya melalui wadah seminar internasional ini akan sangat bermanfaat.” Ujarnya.

Copyright © 2017 University of Muhammadiyah || UPT Pusat Data & Informasi

OffCanfas (ID)