Tim Pkm Universitas Muhammadiyah Jember Adakan Pelatihan Untuk Ibu Rumah Tangga Dalam Perawatan Bblr Di Rumah

UM Jember - Bayi berat badan lahir rendah (BBLR) merupakan bayi dengan berat lahir kurang dari 2500 gram. Bayi dengan kondisi ini memiliki kerentanan terhadap masalah kesehatan yang disebabkan oleh immaturitas organ tubuh dan bantalan lemak tubuh sangat tipis. Risiko kesehatan yang terjadi pada bayi BBLR antara lain respiratory disstres syndrom (RDS), masalah sistem imunologi, gastroentestinal, fungsi hati, sistem syaraf pusat dan suhu tubuh. Untuk mempertahankan kelangsungan hidup bayi dengan BBLR maka akan dilakukan perawatan di rumah sakit hingga tercapai kestabilan fungsi tubuh dan kenaikan berat badan, dilanjutkan dengan perawatan di rumah.

Berkaitan dengan perawatan bayi BBLR di rumah sangat diperlukan kompetensi ibu dalam perawatan sehari-hari, agar status kesehetan bayi dapat dipertahankan dengan baik. Hal ini tidak terkecuali dukungan yang optimal dari keluarga (terutama pasangan), petugas kesehatan dan kader kesehatan sangat diperlukan. Guna mencapai kompetensi ibu rumah tangga dalam perawatan bayi BBLR di rumah, perlu diupayakan membangun persepsidan keterampilan yang berkaitan dengan hal tersebut, agar ibu rumah tangga mampu menjadi perawat terbaik bagi bayi BBLR di rumah.

Berkenaan dengan hal tersebut, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Jember melalui kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang didanai oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DRPM) Kementerian Riset dan Tehnologi Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Indonesia pada pendanaan tahun 2019 telah melakukan kegiatan “PKM Kelompok Ibu Rumah Tangga Sebagai Perawat Terbaik Dalam Perawatan Bayi Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) di Rumah” yang diselenggarakan di Wilayah Sumbersari Jember dengan Ketua Pelaksana Diyan Indriyani (FIKES UM Jember), Anggota Pelaksana 1 Awatiful Azza (FIKES UM Jember) dan Anggota 2 Ria Angin (FISIP UM Jember) serta dibantu oleh 3 mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jember (Yulanda, Rias Elia dan Intan Ayu). Untuk mensukseskan kegiatan tersebut salah satunya telah dilakukan kegiatan pelatihan tentang perawatan bayi BBLR pada kelompok ibu rumah tangga dan juga kader kesehatan. Kegiatan pelatihan pada ibu rumah tangga diselenggarakan sejak bulan Mei-Juli 2019, dan pelaihan kader pada Juli 2019. Kegiatan ini juga sangat didukung oleh pihak Puskesmas Sumbersari Jember serta Dinas Kesehatan Kabupaten Jember. Hasil pelatihan menunjukkan adanya peningkatan kemampuan keterampilan kelompok ibu rumah tangga maupun kader dalam perawatan bayi BBLR di rumah. Besar harapan kami terkait kegiatan ini agar kelompok ibu rumah tangga dapat menggunakan kemampuan keterampilannya dalam perawatan bayi BBLR di rumah, juga menjadi edukator bagi sebayanya terkait perawtan bayi BBLR di rumah.

Copyright © 2017 University of Muhammadiyah || UPT Pusat Data & Informasi

OffCanfas (ID)