Unit Usaha Baru UM Jember Hadirkan Teknologi Baru untuk Mahasiswa

UM Jember dengan visi menjadi perguruan tinggi yang unggul dalam IPTEKS bernafaskan nilai-nilai Keislaman juga terus berkembang dalam bentuk keilmuan dan teknologi baru yang sedang berkembang. UM Jember melalui unit baru UM Jembertrans hadir sebagai Unit Usaha yang dikelola oleh Universitas Muhammadiyah Jember untuk kepentingan amal usaha dan civitas akademika universitas. Rektor Dr Ir Muhammad Hazmi DESS mengatakan “ berangkat dari statuta UM Jember yang manyatakan bahwa sumber pendapatan Universitas tidak hanya berasal dari Mahasiswa maka perlu adannya pengembangan dibidang lain dan saat ini selain unit usaha air mineral Moyamu UM Jembertrans dihadirkan sebagai unit usaha baru yang bergerak dibidang jasa transportasi milik UM Jember”, Jelas Rektor. Kini setelah terbit SK rektor UM jember Trans memiliki directur baru yakni Bagus Indra Tj, SST. Par, M.Si dengan Jumlah armada 4 Bus yang terdiri dari dua bus Medium, Satu Bus besar kapasitas 56 dan Scania K410 Jet Bus 3+ UHD.

Wakil Rektor II Sulistio Adi Winarno, S.H. M.H. menerangkan bahwa dari ke empat armada Bus yang dimiliki UM Jember Scania K410 Jet Bus 3+ UHD merupakan aramada paling canggih dan model terbaru diantara yang lainnya berkelas internasional, Bus Scania K410 Jet Bus 3+ UHD memiliki perangkat IT yang keseluruhannya terhubung dengan WIFI, system record yakni secara otomatis bus akan merekam perilaku sopir dan penumpang, memiliki sistem hidrolik kemudian punya activision intelligence yang berkombinasi dengan mesin. Dengan hadirnya teknologi terbaru bidang transportasi di UM Jember diharapkan bisa memberi manfaat untuk mahasiswa sebagai investasi sarana edukasi yang bisa di kombinasikan pada prodi-prodi yang berkaitan diantaranya Teknik Elektro, Teknik Mesin, dan Teknik Informatika.

Rektor mengutip sebuah tulisan dari B. J. Habibie yang mengatakan bahwa rumus belajar teknologi itu untuk negara under developing countries seperti indonesia tidak mungkin lagi belajar urut dari satu sampai berikutya, karena sudah terlalu jauh untuk negara maju, maka mulailah dari yang paling akhir, dan skania ini salah satu teknologi transportasi bus yang akhir meskipun msih ada satu tingkat diatasnya. “Dengan harapan nantinya para ahli Bus scania ini bisa di undang di UM Jember untuk memberikan workshop kepada mahasiswa tentang teknologi yang ada di bus dan bisa mengamati secara langsung”. terang rektor. UM Jembertrans bisa digunakan untuk umum dengan aturan sewa serta bebas pula digunakan untuk para mahasiswa UM Jember untuk kepentingan pendidikan.

Copyright © 2017 University of Muhammadiyah || UPT Pusat Data & Informasi

OffCanfas (ID)