UM Jember Raih Posisi Ke-2 dalam Jumlah Jurnal Terakreditasi Nasional

UM Jember – Lembaga Pengelola Publikasi dan Disertasi Ilmiah (LP3DI) UM Jember berhasil raih Akreditasi Jurnal Nasional di Sistem Arjuna (Akreditasi Jurnal Nasional) Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

10 besar nasional se-PTMA berdasarkan banyak jumlah jurnal yang lolos akreditasi. rank 3 Perguruan Tinggi se-Kabupaten Jember berdasarkan tingkat skor dalam SINTA (Science and Technology Index). Dan rank 2 Perguruan Tinggi se-Kabupaten Jember berdasarkan jumlah jurnal terakreditasi nasional (23/10/2019).

Publikasi jurnal ilmiah berperan sangat penting mengingat adanya syarat kenaikan setiap jenjang jabatan untuk fungsional dosen, peneliti, guru, widyaiswara, perekayasa serta fungsional lainnya. Persyaratan kelulusan bagi mahasiswa magister dan doktor dalam standar nasional pendidikan tinggi pula memerlukan syarat yang serupa. Akreditasi Jurnal Ilmiah adalah pengakuan resmi atas penjaminan mutu jurnal ilmiah melalui kegiatan penilaian kewajaran penyaringan naskah, kelayakan pengelolaan, dan ketepatan waktu penerbitan jurnal ilmiah. Dalam rangka memenuhi kebutuhan jurnal ilmiah nasional terakreditasi dan reformasi birokrasi pelayanan akreditasi jurnal ilmiah nasional maka Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi mengeluarkan Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 9 Tahun 2018 tentang Akreditasi Jurnal Ilmiah.

Dengan adanya peraturan tersebut Universitas Muhammadiyah Jember terus mendorong mahasiswa dan dosen untuk terus melakukan penelitian dan pengabdian yang diimplementasikan dalam bentuk kegiatam dan jurnal. Jurnal yang telah dibuat dan hendak dipublikasikan UM Jember mempunyai LP3DI yakni Lembaga yang menjadi wadah mahasiswa dan dosen untuk memperoleh pendampingan dengan uji petik jurnal dan penyesuaian kebutuhan antara jurnal dan kebutuhan akreditasi sehingga jurnal yang telah di ajukan pada Arjuna lolos dengan mudah.

Pada periode I dan II berhasil meraih 6 jurnal terakreditasi nasional. Periode III jurnal prodi Bahasa Inggris terakreditasi nasional dengan rank 5 SINTA. Periode 3 jurnal Ekonomi Manajemen terakreditasi nasional dengan rank 4 SINTA. Periode 4 jurnal prodi Ilmu Komunikasi, Ekonomi Manajemen Pascasarjana terakreditasi nasional dengan rank 5 SINTA. Periode 5 program studi agribisnis, hukum dan LPPM dibidang penelitian terakreditasi nasional. Sehingga secara keseluruhan UM Jember memperoleh 13 Jurnal terakreditasi nasional oleh Kemenristek Dikti ditahun 2019.

Dr. Juariyah, M.Si selaku ketua LP3DI UM Jember mengatakan bahwasannya akreditasi jurnal nasional ini sangat berpengaruh terhadap penilaian kualitas dan kuantitas SDM dan Alumni dan kini hasil yang dicapai sangat memuaskan dilihat dari peningkatan rank jurnal UM Jember. “Alhamdulillah. Semoga kedepannya semakin banyak jurnal yang lolos akreditasi nasional dan dapat meningkatkan rank jurnal universitas.” Ujarnya.

Search