Pentingnya Berwirausaha membuat Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi UM Jember, Mendobrak Mahasiswa berjiwa Bisnisman

UM JEMBER NEWS – Anda bisa saja mampu membuat sesuatu produk yang bernilai tinggi, bila produk tersebut, namun tidak sampai pada konsumen yang menikmati, maka tidak lebih Anda hanya menimbun sampah yang sia-sia. Lengkapilah usaha Anda hingga kepastian produk berharga Anda berujung kepuasan konsumen dan untuk itu melibatkan berbagai aspek usaha dari bahan baku, permodalan, manajemen, teknik produksi, peluang pasar dan prospek keuntungan.

Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Jember menyelenggarakan Pelatihan Kewirausahaan dengan tema Membangun Bisnis Berdasarkan Al Qur’an dan Hadits pada tanggal 19 Desember 2018 bertempat di Gedung Ahmad Zainuri. Peserta yang diundang dalam acara ini terdiri dari para Dekan, Dosen, serta 200 mahasiswa dari Program Studi Manajemen Universitas Muhammadiyah Jember, dengan Narasumber oleh Dewan Pakar Ekonomi Syari’ah Nasional Prof. Dr.H.Muhammad.,M.Ag dari Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) Yogyakarta.

Acara diawali dengan sambutan dari Dekan FEB UM Jember Dr.Arik Susbiyani,MM Beliau menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya pada kegiatan Pelatihan Kewirausahaan dalam pembekalan Ilmu kepada para peserta khususnya mahasiswa FEB prodi Manajemen dalam acara tersebut. Beliau menyampaikan harapan dengan adanya Pelatihan Kewirausahaan ini bisa membantu para mahasiswa yang cendikiawan memberikan pemahaman tentang seorang binisman yang mempunyai ide, inovasi, dan kreatifitas , lebih lanjut beliau menyampaikan harapannya acara dapat terselenggara dengan lancar mahasiswa dapat mengikuti dari awal sampai akhir serta Mahasiswa diharapkan senantiasa meningkatkan kompetensi dan pengetahuan di bidang Bisnis yang digeluti sehingga nantinya dapat bergabung dengan kami menjadi bagian di dunia industri produk.

Pada Pelatihan Kewirausahaan kali ini merupakan kunci pengembangan usaha untuk mampu merencanakan, menciptakan dan melaksanakan satu program kegiatan usaha. Inovasi dan kreasi Anda akan berbuah menjadi kepuasan dan kesejahteraan. Diluar itu dapat mengurangi jumlah penganggur, menciptakan lapangan kerja, mengentaskan masyarakat dari kemiskinan dan keterpurukan ekonomis. Lebih jauh lagi dan politis, meningkatkan harkat sebagai bangsa yang mandiri dan bermartabat. Dalam Seminar kali ini yang bertindak sebagai moderator Ira Puspita yang memandu jalannya diskusi antara audience dengan narasumber. Peserta terlihat sangat antusias menanyakan isu-isu permasalahan terkini yang beberapa pertanyaan yang diajukan audience antara lain tentang Bagaimana langkah awal mahasiswa sebagai bisnis pemula yang belum banyak dikenal oleh konsumen, namun konsumen tersebut tertarik sama produknya. Sebagaimana yang disampaikan Prof Dr. H.Muhammad,M.Ag menyampaikan bahwa seorang pembisnis seyogyanya tidak hanya berorientasi dunia namun juga akhirat. Dengan demikian menjadi bisnis yang berkah untuk pelakunya pribadi sekaligus juga untuk kemandirian ekonomi umat. Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagaimana membangun bisnis yang sesuai syariahnya dengan nilai-nilai Al Qur’an dan Hadist, mengingat bahwa dalam ranah pendidikan, persoalannya menyangkut bagaimana dikembangkan praksis pendidikan yang tidak hanya menghasilkan manusia terampil dari sisi ulah intelektual, tetapi juga praksis pendidikan yang inspiratif-pragmatis. Praksis pendidikan, lewat kurikulum, sistem dan penyelenggaraannya harus serba terbuka, eksploratif, dan membebaskan. Wirausaha muda inovatif ini banyak ditemui di kota Jember terutamanya, Tidak hanya praktis pendidikan yang link and match (tanggem), yang lulusannya siap memasuki lapangan kerja, tetapi juga siap menciptakan lapangan kerja. Saat ini banyak entrepreneur muda yang kreatif, mereka jeli menangkap peluang menjawab kebutuhan komunitas kampus yang sebelumnya bisnis tersebut belum ada. Misalnya bisnis refil tinta, merakit komputer, jual beli buku, cuci kiloan, melukis sepatu dan melukis kaos sama serta Kuliner Homemade bias dikerjakan oleh seorang pembisnis pemula. Sehingga pada kurikulum Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis saat ini sudah berbasis ilmu manajemen konvensional berwirausaha.

Reporter : Aditya Dimas Pratama,S.I.Kom.,M.I.Kom

Fotografer : Mekki Patria Darmawan

Copyright © 2017 University of Muhammadiyah || UPT Pusat Data & Informasi

OffCanfas (ID)