UM Jember Membuka Kegiatan Seminar dalam Membangun Bisnis secara Syari’ah

UM JEMBER NEWS – Fakultas Ekonomi dan Bisnis bersinergi dengan Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jember menyelenggarakan Seminar Ekonomi Syari’ah dengan tema Optimalisasi SDM dibidang Ekonomi Syariah Dalam Menghadapi Era Industri 4.0 pada tanggal 19 Desember 2018 bertempat di Gedung Ahmad Zainuri. Peserta yang diundang dalam acara ini terdiri dari para Dekan, Dosen, serta mahasiswa dari Program Studi Manajemen dan Ekonomi Syari’ah Universitas Muhammadiyah Jember, dengan Narasumber oleh Dewan Pakar Ekonomi Syari’ah Prof. Dr.H.Muhammad.,M.Ag dari Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) Yogyakarta.

Acara diawali dengan sambutan dari Dekan FEB UM Jember Dr.Arik Susbiyani,MM Beliau menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya untuk panitia seminar serta Narasumber yang telah memberikan waktu untuk memberikan Ilmu kepada para peserta khususnya mahasiswa FEB prodi Manajemen dan FAI Ekonomi Syari’ah serta dukungan dan support dalam acara tersebut. Sambutan kedua disampaikan oleh Dekan Fakultas Agama Islam Drs. Kahar Haerah,M.Si, Beliau menyampaikan harapan dengan adanya seminar ini bisa membantu kami memberikan pemahamannya tentang transaksi keuangan syariah , lebih lanjut beliau menyampaikan harapannya acara dapat terselenggara dengan lancar mahasiswa dapat mengikuti dari awal sampai akhir serta Mahasiswa diharapkan senantiasa meningkatkan kompetensi dan pengetahuan di bidang Keuangan syariah sehingga nantinya dapat bergabung dengan kami menjadi bagian di dunia kerja nanti.

Dalam Seminar kali ini yang bertindak sebagai moderator Abd. Rohman Fahruddin yang memandu jalannya diskusi antara audience dengan narasumber. Peserta terlihat sangat antusias menanyakan isu-isu permasalahan terkini yang beberapa pertanyaan yang diajukan audience antara lain tentang perbandingan support pemerintah Malaysia dengan pemerintah Indonesia dalam industri keuangan syariah, kemudian terkait bonus demografi Indonesia, serta pertumbuhan tinggi tetapi market share yang masih rendah. Sebagaimana yang disampaikan Prof Muhammad mengatakan bahwa bisnis seyogyanya tidak hanya berorientasi dunia namun juga akhirat. Dengan demikian menjadi bisnis yang berkah untuk pelakunya pribadi sekaligus juga untuk kemandirian ekonomi umat. Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagaimana membangun bisnis yang sesuai syariahnya dengan nilai-nilai Al Qur’an dan Hadist, mengingat bahwa kurikulum Prodi Manajemen berbasis ilmu manajemen konvensional.

Reporter : Aditya Dimas Pratama,S.I.Kom.,M.I.Kom

Fotografer : Mekki Patria Darmawan

Copyright © 2017 University of Muhammadiyah || UPT Pusat Data & Informasi