Siapkan Unit Usaha Baru : Souvenir Barang Pecah Belah Kekinian solusi untuk Masyarakat kreatif

 

Salah satu tugas dosen yaitu Pengabdian kepada Masyarakat. Tanpa terkecuali oleh dosen Fakultas Teknik Program Studi Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Jember. Diketuai oleh Bapak Ilham Saifudin tim dosen ini melakukan pengabdian masyarakat dengan skema PKM (Program Kemitraan Masayarakat) yang didukung oleh Kemenristekdikti. Kegiatan PKM ini berupa mengadakan Pelatihan dan Pendampingan dalam Penyablonan Barang Pecah belah sebagai Souvenir Demi Meningkatkan Nilai Jual dan Pendapatan Kelompok Handycraft pada Kelurahan Karangrejo Jember. Kegiatan ini bertujuan untuk melahirkan unit usaha baru, berupa usaha mug sablon berkarakter. Artinya, pada mug tersebut akan disablon gambar karakter dan berdesain kekinian dengan mesin press sablon modern.

Adapun yang menjadi mitra ke-1 pada kegiatan PKM ini adalah Kelompok Handycraft. Kelompok Handycraft atau yang disebut kelompok pengrajin kerajinan tangan terletak di Kelurahan Karangrejo Kecamatan Sumbersari tepatnya di sebelah timur dari pusat Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur. Kelompok Handycraft fokus membuat kerajinan hantaran (seserahan pernikahan), gelang manik-manik, dan anyaman tikar. Kelompok ini berdiri sejak tahun 2015 dan masih berlangsung hingga saat ini. Menurut ketua Kelompok Handycraft yaitu Ibu Ariyati Karinda Woelandari bahwa usaha souvenir mug sablon berkarakter ini sangat menarik, karena jika dilihat dari letak geografis, tempat Kelompok Handycraft berkarya terletak di Kelurahan Karangrejo, dimana merupakan wilayah yang disebut-sebut dekat dengan sentra ekonomi Kabupaten Jember, yaitu dekat dengan daerah kampus. Diantaranya: Universitas Jember, Politeknik Jember, IKIP PGRI Jember dan Universitas Muhammadiyah Jember. Ini mejadikan Kelurahan Karangrejo sebagai area strategis dalam memenuhi kebutuhan souvenir di Daerah Kabupaten Jember.

Sedangkan untuk mitra ke-2 yaitu Koperasi Wanita Sekar Kartini sebagai mitra kedua terletak di jalan Sriwijaya VIII/ 4 Karangrejo Jember. Bidang usaha yang dijalani Koperasi Wanita Sekar Kartini yaitu Simpan Pinjam, pertokoan, carwash, rent car, dan kursus mengemudi. Tugas dari Koperasi Wanita Sekar Kartini adalah mengelola manajemen pemasaran dari pembuatan souvenir tersebut. Dengan adanya kerja sama antara anggota Kelompok Handycraft selaku produsen dan Koperasi Wanita Sekar Kartini selaku pemasaran, maka akan mengguntungkan kedua belah pihak.

Copyright © 2017 University of Muhammadiyah || UPT Pusat Data & Informasi