KKN Tematik 2018 UM Jember, Siap Bantu Masyarakat Bentuk Karakter Lewat Literasi

Program KKN gelombang ke dua telah resmi dibuka. Rektor Universitas Muhammadiyah Jember Dr Ir M Hazmi DESS., secra resmi membuka acara pembekalan KKN Gelombang dua di Aula Zaenuri pada Rabu 17/07/2018 lalu.

Kuliah Kerja Nyata (KKN) lahir dalam proses pembangunan yang pada hakekatnya adalah pelaksanaan dari falsafah pendidikan yang berdasarkan pada Undang-undang Dasar 1945 dan Undang-undang nomor 22 tahun 1961, dalam pengalaman Tridharma Perguruan Tinggi.

Menurut Dr Nurul Qomariyah, M.M mengatakan “KKN mendorong setiap Mahasiswa agar bekerja di Desa dalam rangka pengabdian dalam jangka waktu tertentu untuk tinggal dan bekerjasama membantu masyarakat pedesaan dalam mengerjakan persoalan pembangunan” Jelasnya. “ manfaat lain mahasiswa dapat mengembangkan pemikiran berdasarkan ilmu tekhnologi dan dalam upaya menumbuhkan, mempercepat serta mempersiapkan kader-kader pembangunan”, Imbuhnya.

Dalam sambutanya pula mengatakan bahwa pada tahun 2018 ini KKN UM Jember masih tetap mengusung tema KKN Tematik dengan harapan disetiap desa yang ditempati oleh mahasiswa dapat membangun satu ruang taman bacaan untuk masyarakat. Total peserta pada KKN ini berjumlah 286 peserta yang terdiri dari berbagai fakultas dan program studi. Dalam satu kelompok beranggotakan 20 mahasiswa yang akan disebar dibeberapa kecamatan seperti kecamatan silo, mayang dan ajung.

Dalam pembukaaan rektor juga berpesan kepada mahasiswa agar para mahasiswa mampu menyampaikan ilmu yang mereka dapat dan belajar dalam kehidupan nyata, menyiapkan taman bacaan yang berbasis literasi untuk membantu masyarakat untuk memberikan dampak pada pembentukan karakter yang baik pula di masyarkat.

KKN akan dilaksanakan diawal agustus dan berakhir pada awal September 2018. Semoga kalian sukses dan berhasil membawa perubahan untuk masyarakat.

Copyright © 2017 University of Muhammadiyah || UPT Pusat Data & Informasi