BEM Akademi Pariwisata UM Jember Menyelenggarakan Pelatihan Jamuan Makan Internasional

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Akademi Pariwisata Universitas Muhammadiyah Jember sebagai salah satu wadah kegiatan mahasiswa menyelenggarakan kegiatan pelatihan Table Manner sebagai bagian dari bentuk implementasi teori yang telah diperoleh oleh mahasiswa selama menempuh pendidikan di UM JEMBER.

Etika jamuan makan resmi atau biasa dikenal dengan Table Manner adalah salah satu budaya yang berasal dari Eropa yang telah diadaptasi dan berkembang di Asia, khususnya di Indonesia. Memadukan antara kombinasi dari beberapa macam menu dari menu pembuka hingga penutup dengan etika tamu ketika menikmati makanan dan minuman yang disajikan selama hampir 2 jam tersebut.

Tujuan dari penyelenggaraan kegiatan Pelatihan Table Manner tersebut menurut Wakil Direktur bidang Akademik dan Kemahasiswaan sekaligus Pembina BEM AKPAR UM Jember, Bagus Indra Tj, SST. Par, M.Si adalah sebagai wujud implementasi teori dan skill yang telah diperoleh oleh mahasiswa selama kuliah di UM Jember, terutama skill mengenai pengolahan makanan dan minuman (food and beverage product) dan teknik penyajian makanan (food and beverage service) kepada tamu secara langsung. Dikarenakan tamu yang datang adalah dari pihak luar bukan berasal dari dosen maupun kalangan internal universitas, kemudian tamu undangan juga berhak memberikan komentar secara langsung melalui komentar tamu (guest comment) tentang menu dan pelayanan yang disajikan. Tujuan lain adalah memberikan pengetahuan tambahan kepada masyarakat luas bahwa aktivitas makan dan minum juga memiliki etika yang harus diketahui terutama ketika menghadiri jamuan makan resmi. Untuk meningkatkan pengetahuan dan skill mahasiswa, AKPAR Muhammadiyah UM Jember telah menjalin kerjasama dengan dunia industri dalam hal ini adalah hotel berbintang yang ada di dalam dan luar negeri. Untuk kerjasama luar negeri melalui program OJT (On The Job Training) AKPAR Muhammadiyah Jember telah bekerja sama dengan hotel yang berada di Malaysia, antara lain: Intercontinental Hotel, Nilai Spring Resort, Concorde Inn KLIA. Dengan program OJT luar negeri selama 6 bulan mahasiswa belajar bagaimana beradaptasi dan bekerja pada sektor formal yaitu bidang hospitality yang dimulai sejak mereka kuliah. AKPAR UM Jember berharap bahwa lulusannya telah memiliki kompetensi yang telah terstandar nasional dan internasional sehingga memiliki daya saing untuk berkompetisi dan berkolaborasi dalam dunia kerja (Bagus Indra).

Copyright © 2017 University of Muhammadiyah || UPT Pusat Data & Informasi