TEKNIK UM JEMBER, SIAP BERTANDING DI KONTES ROBOT INDONESIA (KRI) 2018

UM Jember Competition KRI - Universitas Muhammadiyah Jember Fakultas Teknik mempersiapkan diri untuk mengikuti ajang Kontes Robot Indoneisa 2018 di Politeknik Negeri Malang yang diselenggarakan oleh Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi pada tanggal 3-5 Mei 2018, dengan peserta dari seluruh Wilayah Regional IV yang meliputi wilayah Jawa Timur, Bali, NTT, Sulawesi, dan Papua.

Kontes Robot Indonesia (KRI) 2018 sebagai ajang kompetisi rancang bangun dan rekayasa dalam bidang robotika. KRI 2018 terdiri dari 5 (lima) divisi, yaitu: 1. Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI); 2. Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI); 3. Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI); 4. Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid; dan 5. Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda.

KRI 2018 dilaksanakan bekerja sama dengan Perguruan Tinggi yang ditunjuk untuk menyelenggarakan Kontes Tingkat Regional dan Kontes Tingkat Nasional. Kontes Tingkat Regional akan diselenggarakan pada 4 (empat) wilayah Regional, yaitu: Regional 1 (area Sumatera), Regional 2 (area Jawa bagian barat, Kalimantan bagian barat, dan Sulawesi), Regional 3 (area Jawa bagian tengah, kalimantan bagian timur dan selatan), dan Regional 4 (area Jawa bagian timur, Bali, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua).

Robotic Engginering Community program studi Teknik Elektro telah menyiapkan karya robot berupa 3 prototype yang akan dilombakan yaitu Pandoga 18, Warsajana B.11, dan Afwan JR. Ketiga robot tersebut akan diikutsertakan lomba di 3 divisi yaitu Kontes Robot Abu Indonesia (KRAI), Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) dan Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI). 6 Mahasiswa Fakultas Teknik dibawah bimbingan Guruh Wijaya, S.T., M.Kom, KRSBI terdiri dari 3 mahasiswa dibawah bimbingan Aji Brahma N, S.Si., M.T, dan KRSBI terdiri dari 4 mahasiswa dibawah bimbingan Agung Nilogiri, S.T., M.Kom.

Menurut M. Aan Auliq, S.T., M.T. selaku Wakil Dekan Fakultas Teknik ketika ditemui Humas UM Jember di Gedung G Kampus Universitas Muhamamdiyah Jember menyampaikan bahwa, “pihak fakultas memberikan dukungan penuh terhadap pengembangan bakat mahasiswa dalam hal keahlian atau kompetensi robotic”.

“Menilisik dari Prodi Teknik Elektro sendiri, Robotik merupakan salah satu mata kuliah. Dan hal ini merupakan salah satu implementasi keahlian robotika mahasiswa. Harapan untuk kedepan, mahasiswa kami bisa terus melakukan research dan eksperimen sehingga robot-robot yang dilombakan menjadi lebih sempurna.” Pungkas M. Aan Auliq yang juga menemani mahasiswa dalam mempersiapkan diri pada ajang lomba.

Tim terbaik pada Kontes Tingkat Regional akan diundang untuk ikut serta dalam Kontes Tingkat Nasional di Surabaya. Juara pertama KRAI Tingkat Nasional 2018 akan menjadi wakil Indonesia pada ABU Robocon 2018 di Ninh Binh, Vietnam. Juara pertama KRPAI Tingkat Nasional 2018 akan menjadi wakil Indonesia pada Trinity College International Robot Contest 2019 di Hartford, Connecticut, Amerika Serikat. Juara pertama KRSBI Humanoid Tingkat Nasional 2018 akan menjadi wakil Indonesia pada ROBOCUP 2019.

Mari Kita Dukung dan Do’a Wakil dari Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jember bertanding di Tingkat Regional IV di Malang. Semoga Tim KRI UM Jember bisa melejit berprestasi di kancah Tingkat Nasional. (ADP/NRL/Humas UM Jember)

Copyright © 2017 University of Muhammadiyah || UPT Pusat Data & Informasi