KKN Unmuh Jember 2018 Usung tema Taman Baca Masyarakat untuk Situbondo

Selamat datang KKN 2018 Universitas Muhammadiyah Jember. Saatnya kalian belajar mengabdi untuk masyarakat. KKN atau kepanjangan dari kuliah kerja nyata merupakan aktivitas yang memiliki fungsi ganda bagi mahasiswa. Fungsi yang pertama dari KKN adalah memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar bekerja secara interdisipliner dan belajar secara langsung bersama masyarakat dalam mengenali berbagai persoalan masyarakat dengan berbagai dinamika dan solusi alternatifnya. Fungsi kedua KKN adalah berfungsi untuk membantu masyarakat dalam rangka mempercepat proses pembangunan.

Rabu, 31 Januari 2018 bertempat di halaman depan kampus universitas Muhammadiyah Jember KKN 2018 gelombang pertama secara resmi dibuka oleh rektor. '' dengan mengucapkan bismillahirrohmanirrohim kkn UM Jember 2018 resmi dibuka, selamat ber KKN, jaga diri, jaga nama baik Almamater dan berikan yg terbaik untuk masyarakat'', ungkap Rektor.

Pada tahun 2018 KKN UM Jember mengusung tema “Taman Bacaan Masyarakat (Tematik) dengan harapan mampu menumbuhkan minat literasi masyarakat secara umum”, terang Dr Nurul Qomariyah MM selaku ketua LPPM. “kami harapkan nanti saat pelaksanaan KKN dimasing-masing kelompok dapat mendirikan ruang baca untuk masyarakat”, imbuhnya dalam sambutan. Total jumlah mahasiswa KKN UM Jember pada gelombang satu ditahun 2018 ini berjumlah 986 mahasiswa yang terdiri dari berbagai fakultas . Dari total peserta KKN 2018 dibagi menjadi 49 kelompok yang disebar dibeberapa kecamatan yang ada di situbondo.

Setelah di buka secara langsung oleh rektor seluruh peserta KKN di arahkan untuk menuju masing masing kecamatan dan langsung di adakan acara serah terima oleh masing masing kepala kecamatan setempat di situbondo. Dengan adannya kegiatan KKN diharapkan mahasiswa memperoleh beberapa manfaat diantarannya sebagai sarana mengamalkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang diperoleh dibangku kuliah, sebagai wahana untuk berlatih hidup bermasyarakat dan berlatih menyelesaikan permasalahan yang timbul di masyarakat. Selain itu juga sebagai sarana untuk berlatih bagi mahasiswa agar dapat berperan sebagai innovator dan motivator pembangunan utamanya dipedesaan.

Kkn diawali sejak 31 Januari 2018 dan berakhir pada tanggal 1 maret 2018. Selama masa KKN berlangsung para mahasiswa dan mahasiswi ini dimasing masing kelompok dibimbing oleh satu dosen pendamping lapangan yang telah di tunjuk oleh LPPM. '' Tugas dosen pendamping lapangan adalah melakukan monitoring setiap satu mingu sekali dimasing masing kelompok serta mengarahkan dan membimbing terlaksananya program-program kerja yg dibuat oleh mahasiswa'', jelas Dr. Nurul Qomariah M., M. Ada satu program utama yg wajib ada di masing masing kelompok yakni mendirikan rumah baca yg di sertai dg buku buku baik ilmu pengetahuan maupun lainnya'', imbuhnya.

Copyright © 2017 University of Muhammadiyah || UPT Pusat Data & Informasi