Um Jember Kembangkan Energi Terbarukan Dengan Teknologi Smart Grid

Energi yang bersumber dari alam memang memiliki daya tarik tersendiri sebagai peluang pengembangan penelitian yang mampu mendatangkan perubahan dari berbagai aspek yang menghasilkan kemanfaatan. Peluang inilah yang sedang dikembangkan oleh UM Jember dengan memulai secara mandiri mengembangkan energi matahari yang melimpah di alam dengan mengembangkan inovasi baru dengan jalan pengembangkan energy terbarukan melalui teknologi smart grid solar pv sistem untuk pertama kalinnya dikembangkan di kota jember dan di UM Jember.

Menurut M. A’an Auliq ST MT, selaku penangung jawab mengatakan “teknologi smart grid ini merupakan teknologi yang memanfaatkan kemajuan teknologi komunikasi, komputer dan cyber untuk dapat melakukan pengendalian dan pegoperasian sistem tenaga listrik dalam menyalurkan energi listrik”.jelasnya “ kelebihan dari solar pv system yang ada di UM Jember ini memiliki empat manfaat yaitu sebagai smart grid , sebagai back up, sebagai on grid, sebagai off grid dan memiliki kegunaan yang berbeda-beda, ini merupakan sisitem baru dan terlengkap, peralatan ini kami datangkan langsung dari prancis dan sangat ramah terhadap lingkungan” terang M. A’an Auliq ST MT,.

Smart grid merupakan integrasi teknologi cerdas dalam jaringan listrik yang dicita-citakan untuk memenuhi kebutuhan energi listrik yang dimasa sekarang maupun masa mendatang menjadi kebutuhan primer. Energi terbarukan dengan teknologi smart grid solar PV sistem yang ada di UM Jember ini mampu menghasilkan kekuatan optimum mencapai 6000wp yang dimanfaatkan untuk mensuplai aliran listrik.

Saat ini smart grid solar pv sistem telah terpasang dan dimanfaatkan di dua tempat yang berbeda di UM jember yakni gedung G dan gedung UKM mahasiswa yang masing masing memiliki kekuatan listrik yang dihasilkan mencapai optimum 6000WP. Sistem yang terpasang pada gedung tersebut akan memproduksi energi listrik untuk dibangkitkan dengan memanajemeni ketika terjadi kelebihan daya sehingga memiliki manfaat dapat mengurangi kos pembiayaan jadi dapat dikatakan dapat memberi dampak energy kemandirian pada gedung itu sendiri. Sistem yang terpasang memiliki dua pembangkit yakni pembangkit pertama dari PLN dan pembangkit kedua dari pv solar sistem.

“kedepannya untuk energi yang dihasilkan akan dikembangkan secara optimal untuk diditribusikan diseluruh gedung, untuk tatanan akaemis kita ingin produk itu sebagai produk lanjutan riset dari bidang energi listrik terutama di re-newble energi. Energi terbarukan yang dibangkitkan oleh sinar matahari.” Jelas aan aulik ST MT.

Salah satu keberhasilan dari Tim ini telah mendapat respon positif dari rector UM Jember Dr. Ir M Hazmi DESS tebukti pada kamis 18 Januari 2018 kemarin sistem ini telah ditinjau langsung oleh Rektor saat melakukan peninjauan beliau berharap “kami sangat mendukung apa yang telah dilakukan oleh Tim selain mampu menghemat energy PLN semoga mampu menjadi bahan pengembangan penelitian dan praktikum program studi Elektro, lebih dieksplor dan melakukan pengembangan lebih lanjut serta memperluas pengembangan”, ungkap Rektor.

Copyright © 2017 University of Muhammadiyah || UPT Pusat Data & Informasi