Program Studi Teknik Informatika Bekerjasama Dengan KPPPA Pusat dan Kabupaten Situbondo Adakan Pelatihan ICT untuk Pelaku Industri Rumahan

Universitas Muhammadiyah Jember melalui Program Studi Teknik Informatika mengadakan Pelatihan ICT untuk Pelaku Industri Rumahan di Kabupaten Situbondo.

Acara pelatihan ICT ini diselenggarakan atas kerjasama Program Studi Teknik Informatika dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) Republik Indonesia, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kabupaten Situbondo, dan APTIKOM.

Kegiatan Pelatihan ICT untuk Pelaku Industri Rumahan diadakan pada Kamis, 23 November 2017 selama satu (1) hari di SMK 1 Panji, Situbondo.

Peserta pelatihan ICT yang diundang sebanyak 100 orang, dan berasal dari 5 kecamatan dari Kabupaten Situbondo, yaitu : Kecamatan Panji, Kecamatan Mangaran, Kecamatan Panarukan, Kecamatan Situbondo, dan Kecamatan Kendit.

Instruktur yang memberikan materi pelatihan ICT ini adalah Triawan Adi Cahyanto, M.Kom, dan Ginanjar Abdurrahman, S.Si, M.Pd. Kedua instruktur adalah Dosen di Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jember. Materi yang disampaikan dalam pelatihan ICT terdiri dari 6 (enam) kompetensi yang harus dimiliki oleh pelaku industri rumahan, diantaranya adalah:

  1. Pengenalan ICT
  2. Mencari Informasi Menggunakan Internet
  3. Menghitung Biaya Usaha
  4. Melakukan Pemasaran melalui Media Sosial dan Pembuatan Brosur Sederhana
  5. Membuat Korespondensi (Surat Menyurat)
  6. Profil Usaha dan Proposal Pengajuan Kebutuhan Dana

Hasil dari kegiatan Pelatihan ICT adalah semua pelaku industri rumahan dapat memperoleh wawasan baru dan cara pandang dalam mengelola usaha yang mereka jalani dengan memanfaatkan ICT dengan optimal.

Selain menjadi instruktur di pelatihan ICT, Program Studi Teknik Informatika juga bekerjasama dengan pihak DPPPA Kabupaten Situbondo dengan membuat MoU sehingga kalau pihak Dinas ingin menyelenggarakan.

Menyelenggarakan kegiatan yang serupa atau terkait dengan teknologi informasi, maka Program Studi Teknik Informatika siap membantu sebagai pihak pelaksana kegiatan.

Copyright © 2017 University of Muhammadiyah || UPT Pusat Data & Informasi