Visitasi Kemenristekdikti dalam Penyatuan Akademi pariwisata Muhammadiyah Jember ke Universitas Muhammadiyah Jember

UM Jember. Pada Jum’at 31 Oktober 2017 bertempat digedung A ruang rapat lantai 2 UM Jember menyambut kedatangan tamu dari Kementrian Riset, Teknologi, dan pendidikan tinggi Direktorat Jendral Kelembagaan Ilmu Pengetahuan,

Teknologi, dan Pendidikan Tinggi dalam rangka visitasi penyatuan akademi pariwisata Muhammadiyah Jember ke Universitas Muhammadiyah Jember.

Dalama rangkaian acara ini dihadiri oleh seluruh jajaran Pimpinan BPH UM Jember, Rektor dan para wakil rector serta seluruh kepala Unit di UM di lingkungan UM Jember. Sedangkan untuk tim asesor Kemenristekdikti berjumlah delapan orang diantaranya Ridwan berasal dari Dit Pengembangan Kelembagaan Perguruan tinggi sekaligus kopertis wilayah VII yang bertugas untuk meninjau dan menjelaskan hasil verivikasi document usul penyatuan Akademi Pariwisata Muhammadiya Jember ke Universitas Muhammadiyah Jember. M Rizky Aldila Universitas Pancasila sebagai evaluasi lapangan dan verifikasi dokumen aspek hukum. Yuliansyah dari Universitas Lampung aebagai evaluasi lapangan dan verifikasi dokumen aspek keuangan. Lipur Sugiyanta Universitas Negeri Jakatra sebagai evaluasi lapangan dan verifikasi document aspek Umum. Aulia Ni’matu Fajar Dit Pengembangan Kelembagaan Perguruan tinggi bertugas sebagai verifikasi dokumen usul penyatuan Akademi Pariwisata Muhammadiyah Jember ke Universitas Muhammadiyah Jember . Dan membawa dua orang Sekretariat yakni Risma Sari dan Agung Suranto Dit Pengembangan Kelembagaan Perguruan Tinggi sebagi notulasi hasil evaluasi lapangan dan penyelesaian administrasi.

UM Jember sebagai tuan rumah yang menerima kunjungan ini menyambut dengan persiapan yang baik dan sesuai standar prosedur yang di butuhkan. Dalam sambutan Rektor mengucapkan termakasih dan selamat datang kepada tim assessor di UM Jember “kami siap menerima masukan dan pembenaran apabila kami ada kekurangan, meskipun kami menganggap sudah benar namun nanti jika ada kekurangan mohon untuk di periksa kembali” Ujar rector Dr Ir M Hazmi DESS dalam sambutannya.

Ada 13 poin yang di tinjau dan dimintai penjelasan dalam rangkaian visitasi ini diantarannya legalitas Badan Penyelenggara, Rekomendasi kopertis setempat, Sertifikat lahan calon perguruan tinggi, laporan keuangan badan penyelenggara selama 3 tahun, estimasi arus kas selama 5 tahun kedepan, bukti kepemilikan dana, studi kelayakan rancangan statute, rancangan rencana strategis, rancangan penjaminan mutu internal, Denah Lokasi dan bangunan serta sarana-prasarana, menghadirkan calon dosen tetap dan tenaga kependidikan, serta menghadirkan seluruh calon ketua prodi. Acara berlangsung selama stu hari diawalai dengan acara pembukaan di pukul 12.00 WIB dan berakhir hingga pukul 16.00 WIB. Setelah masing msing acecor menjalankan tugasnya maka sebelum acara berakhir diselenggarakan terlebih dahulu siding pleno yang berfungsi menjelaskan kembali apa-apa yang kurang dan dibutuhkan untuk melengkapi persyaratan bergabungnya Akademi Pariwisata Muhammadiyah Jember dengan Universitas Muhammadiyah Jember.

“harapannya dengan disetujuinnya usulan penggabungan Akademi Pariwisata UM Jember ke Universitas Muhammadiyah Jember semoga dari banyak sisi bisa saling memberikan manfaat untuk lembaga dan lainnya.” Terang Bapak Miko selaku diektur Akademi Pariwisata. “jika ini berhasil dan dikeluarkan SK maka tahun depan Akademi pariwisata Muhammadiyah Jember akan menjadi prodi baru yang akan masuk menjadi bagian dari UM Jember”. Imbunya.

Copyright © 2017 University of Muhammadiyah || UPT Pusat Data & Informasi