Fakultas Psikologi UM Jember Adakan Kuliah Umum Cyber Psychology Untuk Mahasiswa

UM Jember. Fakultas psikologi dalam rangka mempertajam pemahaman mahasiswa terkait konsep-konsep dasar teori maupun aplikasi keilmuan psikologi pada sabtu 21 Oktober 2017 bertempat di Aula gedung Ahmad Zaenuri UM Jember telah menyelenggarakan agenda rutin kuliah umum dengan mendatangkan pemateri yang kompeten dibidang psikologi.

Pada kegiatan kuliah umum mahasiswa akan melakukan dialog secara terbuka dengan ilmuwan maupun praktisi diluar Prodi, baik skala nasional maupun internasional. Kuliah umum ini wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa Fakultas Psikologi UM Jember.

Menurut Istiqomah S.Psi, M.Si selaku kaprodi mengatakan, “Dengan adanya kegiatan kuliah umum, maka diharapkan pemahaman mahasiswa terkait psikologi dalam perspektif budaya dan perkembangan teknologi menjadi lebih komprehensif.” Ujarnya. “Hal ini akan menjadi dasar bagi upaya mengeksplorasi nilai-nilai masyarakat setempat baik dalam kegiatan pembelajaran, penelitian maupun pengabdian pada masyarakat guna mempermudah proses adaptasi dengan perkembangan teknologi”, Imbuhnya. Pada kuliah umum di semester ganjil ini mengusung tema Cyber Psychology dengan Eksplorasi Konsep dan Aplikasi dalam Penelitian. Dalam kuliah umum tersebut sebagai narasumber utama adalah Dr. Rahkman Ardi, M.Psych Pakar dalam bidang Cyber Psychology dari Unair Surabaya. Tujuan utama dalam kuliah umum ini diataranya sebagai bentuk penajaman pemahaman mahasiswa psikologi terkait dengan konsep cyber psychology Serta Aplikasi konsep cyber psychology dalam topik-topik penelitian.

cyber psychology adalah Sebuah subdiscipline psikologi yang bersangkutan dengan efek psikologis dan implikasi dari teknologi komputer seperti internet dan virtual reality. Cyberpsychology adalah studi tentang pikiran dan perilaku manusia dalam konteks interaksi manusia dan komunikasi dari keduanya, manusia dan mesin, lebih lanjut memperluas batas dengan budaya komputer dan virtual reality yang terjadi di internet. Terang Dr. Rahkman Ardi, M.Psych saat kuliah berlangsung. Namun, arus utama studi penelitian ini berfokus pada efek dari internet dan dunia maya pada psikologi individu dan atau kelompok. Beberapa topik hangat dalam bidang ini meliputi: hubungan online, identitas online,tipe kepribadian di dunia maya, transferensi ke komputer, kecanduan komputer dan internet, perilaku regresif di dunia maya, online gender switching. Pada intinya cyber psychology berkaitan dengan penggunaan internet. Jelas Dr. Rahkman Ardi, M.Psych dalam kuliah umum.

Copyright © 2017 University of Muhammadiyah || UPT Pusat Data & Informasi