Berita Terkini

Humas UM Jember –Surabaya | Pada Selasa (19/2), FISIP UNAIR kembali gelar Ujian Doktor Terbuka yang dilaksanakan di Ruang Adi Sukadana pada pukul 10.00 WIB. Kali ini Dosen dari Universitas Muhammadiyah Jember Dra.Juariyah,M.Si sebagai peserta ujian, menawarkan sebuah disertasi berjudul “Video Games dalam Budaya Masyarakat Kampung Tanoker”. Disertasi yang dipromotori oleh Professor Rachmah Ida dan dikopromotori oleh Professor Bagong Suyanto ini dilatarbelakangi oleh kondisi maraknya video games di Kampung Tanoker Kabupaten Jember.

Pada dasarnya, Kampung Tanoker merupakan tempat dimana tradisi permainan tradisional begitu kental. Pada disertasi ini, Juariyah ingin mengetahui bagaimana masyarakat memaknai video games, sehingga di kampung tersebut sangat marak tempat bermain video games seperti warung internet (warnet).

Juariyah menggunakan teori dari Anthony Giddens, dimana kemajuan teknologi yang sangat cepat menyebabkan video games sudah menjadi budaya dan permainan tradisional semakin ter-disruption. Selain itu, disertasi yang menggunakan metode ethnography tersebut juga menggunakan beberapa teori, seperti postmodernism, cyberspace, dan kapitalisme.

Pada ujian doktor kali ini, beberapa penguji memberikan beberapa pertanyaan. Professor Ida menanyakan implikasi dari perubahan masyarakat dalam menggunakan waktu luang akibat adanya teknologi. Dari pertanyaan tersebut, Juju menjawab bahwa kemajuan teknologi dapat mengakibatkan terjadinya substitusi dimana permainan tradisional sebagai tradisi akan terganti dengan permainan modern video games yang bisa mendatangkan kepuasan.

Menurut Juariyah dalam disertasinya, orang tua harus mengontrol anaknya untuk tetap bermain permainan tradisional. Hal tersebut dikarenakan permainan tradisional dapat menyehatkan, menimbulkan interaksi, dan fairplay. Sebaliknya, video games dapat membuat kecanduan dan tidak menyehatkan karena anak cenderung diam dalam bermain. Kurangnya pengawasan terhadap anak yang sering bermain video games mengakibatkan tradisi bermain permainan tradisional di Kampung Tanoker semakin tergerus.

Dari permasalahan tersebut, kesimpulan pada disertasi ini adalah perlunya penggalakan permainan tradisional pada hari Selasa, Rabu, dan Jumat yang disertai pendampingan masyarakat. Dari solusi ini, diharapkan masyarakat (remaja) Kampung Tanoker yang kecenderungan bermain video games akan semakin berkurang. Pada hasil Ujian Doktor Terbuka ini, Juariyah lulus dengan predikat “sangat memuaskan” dan resmi menjadi doktor yang ke-208 di FISIP UNAIR. Segenap Civitas Akademika Universitas Muhammadiyah Jember langsung mengucapkan kepada Dr. Juariyah,Dra.,M.Si Selamat atas perolehan Doktor pertama di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Program Studi Ilmu Komunikasi yang pertama. (ADP)

UM Jember News – Universitas Muhammadiyah Jember (UM Jember) terus memantapkan posisi sebagai Universitas tingkat dunia (World Class University) perguruan tinggi Muhammadiyah wilayah jawa timur. Upaya ini antara lain dilakukan dengan menjalin kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi di luar negeri. Terakhir sebelumnya, UM Jember menandatangani kerjasama dengan perguruan tinggi di Negara Taiwan.

Kabar menggembirakan ini disampaikan langsung oleh Rektor UM Jember Dr.Ir M Hazmi DESS melalui pesan whatsapp (15/02/2018) kepada Humas UM Jember. "Kerjasama ini untuk penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Pendidikan Vokasi, terang Rektor. "Kita berkunjung ke Perguruan Tinggi Australia dalam menjalin kerjama MoU dengan tiga Universitas Negeri Kanguru”. Imbuhnya.

Selama di Australia rektor dan rombongan akan mengunjungi 3 Perguruan Tinggi Australia diantaranya: Monash University, Victoria University dan Holmesglen University. Dalam perjalanan selama di Australia rektor beserta rombongan juga dijadwalkan melakukan penandatanganan MoU di Melbourne dari tanggal 11 s/d 18 Februari 2018.

Dalam penandatanganan Mou tersebut telah disepakati beberapa hal diantaranya saling memberikan manfaat yang berasal dari segi peningkatan kemampuan bahasa inggris Dosen, Karyawan, dan Mahasiswa, mendatangkan Native Speaker, English special purpose for tourism and hospitality, Nursing competency improuving, Vocational curriculum developing program, Staff and Student Exchange, dan University Leadership Training.

Saat ini Monash University menmpati urutan ke 67 World Class University dari 100 perguruan tinggi dunia. Masuk lima besar perguruan tinggi di Australia karena semua berstandar internasional baik sarana dan prasarana, riset, pengabdian, kerjasama dunia, hingga jumlah mahasiswa asing.

Menurut Rektor UM Jember, Monash University masuk dalam 5 besar perguruan tinggi di Australia, tidak semua perguruan tinggi di Indonesia bisa melakukan MoU dengan mereka. Namun UM Jember mampu melakukan kerjasama.ujarnya.

Sebagai negara yang memiliki pengelolaan perguruan tinggi terbaik di dunia, Australia menjadi tempat tujuan bagi warga negara lainnya untuk studi di Australia termasuk Indonesia. Penanda tanganan MoU antara Rektor dengan Vice President Monash University berlangsung lancar.

UM Jember - Pada dunia akademisi memiliki kemampuan dalam menulis sebuah literature (buku) sebagai media pembelajaran dan pengembangan ilmu di dunia pendidikan merupakan sebuah kewajiban. Tugas seorang pendidik adalah mentransfer ilmu yang dimiliki dengan harapan dapat diimplementasikan dalam perjalanan selama menjadi peserta didik.

Fakultas Ekonomi UM Jember untuk kedua kalinya menyelenggarakan Workshop Penulisan Buku Ajar dan Strategi Publikasi Pada Penerbit Besar, hadir sebagai narasumber yakni Dr. Icuk Rangga Bawono, SH, SE, M.Si, MH, Ak, CA. di Ruang Pertemuan Gedung A Lantai 2 Universitas Muhammadiyah Jember (6/2/2018), narasumber tersebut merupakan dosen Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto. Penulis sudah mempunyai 14 buku pada penerbit besar dari editor hingga penerjemah, serta adaptor buku Head of Publisthing and Production (HPP) penerbit Salemba Jakarta tahun 2014-2015.

Pada Workshop kali ini merupakan acara tahunan yang juga bekerjasama dengan IAIKPd (Ikatan Akuntan Indonesia Kompartemen Akuntan Pendidik) dengan jumlah peserta 80 orang. Peserta Workshop Diantaranya perwakilan Dosen FE Unmuh Jember, UNEJ, Untag Banyuwangi, IKIP PGRI Jember, Universitas Panca Marga Probolinggo, Universitas Islam Jember, STIE Widya Gama Lumajang. ''Kegiatan ini merupakan ajang bagi Dosen perguruan tinggi dalam mengembangkan buku ajar agar dapat di publikasi'', pungkas Ketua Panitia Astrid Maharani,SE.,M.Akun.

Acara Workshop dibuka oleh Dekan Fakultas Ekonomi Dr. Arik Susbiyani,M.M dalam sambutannya mengatakan ''tujuan diselenggarakannya Workshop Penulisan Buku Ajar dan Strategi Jitu Publikasi Pada Penerbit Besar adalah memberikan motivasi bapak dan ibu dosen serta peserta untuk menulis buku ajar yang selanjutnya dapat diterbitkan pada penerbit besar, selain itu juga trik dan tips supaya tulisan buku ajar nantinya dapat diterbitkan dalam penerbit besar seperti Erlangga,Salemba Empat, Andi, dan masih banyak lainnya.”Ujar Dekan Fakultas Ekonomi Unmuh Jember ini”.

Dalam pemaparannya saat workshop Dr. Icuk Rangga Bawono SE,SH, MH M.Si,Ak, CA (Dosen FEB Unsoed) mengatakan, memberikan ilmu kepada peserta didik merupakan keharusan, sebagai Dosen harus memiliki kewajiban untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Salah satu bagian dari Tri dharma perguruan tinggi adalah menulis buku. Selain itu pada orientasi pada koin dan poin, dimana poin yang dimaksud merupakan poin KUM dalam angka kredit dosen pada kenaikan pangkat dosen, sedangkan koin pemasukan atas buku yang ditulis di publikasi.

Dengan adanya workshop ini diharapkan dapat memberikan banyak dorongan kepada para dosen untuk lebih meningkatkan kepercayaan diri dalam publikasi publikasi ilmiah yang nantinya akan memberikan dampak nilai akademik yang terus bertambah.

Selamat datang KKN 2018 Universitas Muhammadiyah Jember. Saatnya kalian belajar mengabdi untuk masyarakat. KKN atau kepanjangan dari kuliah kerja nyata merupakan aktivitas yang memiliki fungsi ganda bagi mahasiswa. Fungsi yang pertama dari KKN adalah memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar bekerja secara interdisipliner dan belajar secara langsung bersama masyarakat dalam mengenali berbagai persoalan masyarakat dengan berbagai dinamika dan solusi alternatifnya. Fungsi kedua KKN adalah berfungsi untuk membantu masyarakat dalam rangka mempercepat proses pembangunan.

Rabu, 31 Januari 2018 bertempat di halaman depan kampus universitas Muhammadiyah Jember KKN 2018 gelombang pertama secara resmi dibuka oleh rektor. '' dengan mengucapkan bismillahirrohmanirrohim kkn UM Jember 2018 resmi dibuka, selamat ber KKN, jaga diri, jaga nama baik Almamater dan berikan yg terbaik untuk masyarakat'', ungkap Rektor.

Pada tahun 2018 KKN UM Jember mengusung tema “Taman Bacaan Masyarakat (Tematik) dengan harapan mampu menumbuhkan minat literasi masyarakat secara umum”, terang Dr Nurul Qomariyah MM selaku ketua LPPM. “kami harapkan nanti saat pelaksanaan KKN dimasing-masing kelompok dapat mendirikan ruang baca untuk masyarakat”, imbuhnya dalam sambutan. Total jumlah mahasiswa KKN UM Jember pada gelombang satu ditahun 2018 ini berjumlah 986 mahasiswa yang terdiri dari berbagai fakultas . Dari total peserta KKN 2018 dibagi menjadi 49 kelompok yang disebar dibeberapa kecamatan yang ada di situbondo.

Setelah di buka secara langsung oleh rektor seluruh peserta KKN di arahkan untuk menuju masing masing kecamatan dan langsung di adakan acara serah terima oleh masing masing kepala kecamatan setempat di situbondo. Dengan adannya kegiatan KKN diharapkan mahasiswa memperoleh beberapa manfaat diantarannya sebagai sarana mengamalkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang diperoleh dibangku kuliah, sebagai wahana untuk berlatih hidup bermasyarakat dan berlatih menyelesaikan permasalahan yang timbul di masyarakat. Selain itu juga sebagai sarana untuk berlatih bagi mahasiswa agar dapat berperan sebagai innovator dan motivator pembangunan utamanya dipedesaan.

Kkn diawali sejak 31 Januari 2018 dan berakhir pada tanggal 1 maret 2018. Selama masa KKN berlangsung para mahasiswa dan mahasiswi ini dimasing masing kelompok dibimbing oleh satu dosen pendamping lapangan yang telah di tunjuk oleh LPPM. '' Tugas dosen pendamping lapangan adalah melakukan monitoring setiap satu mingu sekali dimasing masing kelompok serta mengarahkan dan membimbing terlaksananya program-program kerja yg dibuat oleh mahasiswa'', jelas Dr. Nurul Qomariah M., M. Ada satu program utama yg wajib ada di masing masing kelompok yakni mendirikan rumah baca yg di sertai dg buku buku baik ilmu pengetahuan maupun lainnya'', imbuhnya.

Energi yang bersumber dari alam memang memiliki daya tarik tersendiri sebagai peluang pengembangan penelitian yang mampu mendatangkan perubahan dari berbagai aspek yang menghasilkan kemanfaatan. Peluang inilah yang sedang dikembangkan oleh UM Jember dengan memulai secara mandiri mengembangkan energi matahari yang melimpah di alam dengan mengembangkan inovasi baru dengan jalan pengembangkan energy terbarukan melalui teknologi smart grid solar pv sistem untuk pertama kalinnya dikembangkan di kota jember dan di UM Jember.

Menurut M. A’an Auliq ST MT, selaku penangung jawab mengatakan “teknologi smart grid ini merupakan teknologi yang memanfaatkan kemajuan teknologi komunikasi, komputer dan cyber untuk dapat melakukan pengendalian dan pegoperasian sistem tenaga listrik dalam menyalurkan energi listrik”.jelasnya “ kelebihan dari solar pv system yang ada di UM Jember ini memiliki empat manfaat yaitu sebagai smart grid , sebagai back up, sebagai on grid, sebagai off grid dan memiliki kegunaan yang berbeda-beda, ini merupakan sisitem baru dan terlengkap, peralatan ini kami datangkan langsung dari prancis dan sangat ramah terhadap lingkungan” terang M. A’an Auliq ST MT,.

Smart grid merupakan integrasi teknologi cerdas dalam jaringan listrik yang dicita-citakan untuk memenuhi kebutuhan energi listrik yang dimasa sekarang maupun masa mendatang menjadi kebutuhan primer. Energi terbarukan dengan teknologi smart grid solar PV sistem yang ada di UM Jember ini mampu menghasilkan kekuatan optimum mencapai 6000wp yang dimanfaatkan untuk mensuplai aliran listrik.

Saat ini smart grid solar pv sistem telah terpasang dan dimanfaatkan di dua tempat yang berbeda di UM jember yakni gedung G dan gedung UKM mahasiswa yang masing masing memiliki kekuatan listrik yang dihasilkan mencapai optimum 6000WP. Sistem yang terpasang pada gedung tersebut akan memproduksi energi listrik untuk dibangkitkan dengan memanajemeni ketika terjadi kelebihan daya sehingga memiliki manfaat dapat mengurangi kos pembiayaan jadi dapat dikatakan dapat memberi dampak energy kemandirian pada gedung itu sendiri. Sistem yang terpasang memiliki dua pembangkit yakni pembangkit pertama dari PLN dan pembangkit kedua dari pv solar sistem.

“kedepannya untuk energi yang dihasilkan akan dikembangkan secara optimal untuk diditribusikan diseluruh gedung, untuk tatanan akaemis kita ingin produk itu sebagai produk lanjutan riset dari bidang energi listrik terutama di re-newble energi. Energi terbarukan yang dibangkitkan oleh sinar matahari.” Jelas aan aulik ST MT.

Salah satu keberhasilan dari Tim ini telah mendapat respon positif dari rector UM Jember Dr. Ir M Hazmi DESS tebukti pada kamis 18 Januari 2018 kemarin sistem ini telah ditinjau langsung oleh Rektor saat melakukan peninjauan beliau berharap “kami sangat mendukung apa yang telah dilakukan oleh Tim selain mampu menghemat energy PLN semoga mampu menjadi bahan pengembangan penelitian dan praktikum program studi Elektro, lebih dieksplor dan melakukan pengembangan lebih lanjut serta memperluas pengembangan”, ungkap Rektor.

Selamat datang KKN 2018 Universitas Muhammadiyah Jember. Saatnya kalian belajar mengabdi kepada masyarakat. KKN atau kepanjangan dari kuliah kerja nyata merupakan aktivitas yang memiliki fungsi ganda bagi mahasiswa. Fungsi yang pertama dari KKN adalah memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar bekerja secara interdisipliner dan belajar secara langsung bersama masyarakat dalam mengenali berbagai persoalan masyarakat dengan berbagai dinamika dan solusi alternatifnya. Fungsi kedua KKN adalah berfungsi untuk membantu masyarakat dalam rangka mempercepat proses pembangunan.

Senin 12/1/2018 bertempat digedung A Zaenuri LPPM (Lembaga Penelitian, Pengabdian Masyarakat) UM Jember menyelenggarakan pembekalan KKN gelombang satu 2018. Pada tahun 2018 KKN UM Jember mengusung tema “Taman Bacaan Masyarakat (Tematik) dengan harapan mampu menumbuhkan minat literasi masyarakat secara umum”, terang Dr Nurul Qomariyah MM selaku ketua LPPM. “kami harapkan nanti saat pelaksanaan KKN dimasing-masing kelompok dapat mendirikan ruang baca untuk masyarakat”, imbuhnya dalam sambutan. Total jumlah mahasiswa KKN UM Jember pada gelombang satu ditahun 2018 ini berjumlah 986 mahasiswa yang terdiri dari berbagai fakultas . Dari total peserta KKN 2018 dibagi menjadi 49 kelompok yang disebar dibeberapa kecamatan yang ada di situbondo. KKN 2018 gelombang satu UM Jember dilaksanakan pada awal bulan februari dan berakhir sampai awal bulan maret 2018.

Dengan adannya kegiatan KKN diharapkan mahasiswa memperoleh manfaat diantarannya sebagai sarana mengamalkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang diperoleh dibangku kuliah, sebagai wahana untuk berlatih hidup bermasyarakat dan berlatih menyelesaikan permasalahan yang timbul di masyarakat. Selain itu juga sebagai sarana untuk berlatih bagi mahasiswa agar dapat berperan sebagai innovator dan motivator pembangunan utamanya dipedasaan.

“dalam rangka KKN diharapkan dapat memberikan motivasi perubahan pada masyarakat sehingga mampu memberi pencerahan untuk berkembang dan lebih baik”. Tegas Dr Nurul Qomariyah MM selaku ketua LPPM. Semoga sukses. (Ai).

UM Jember. Create Business Plan tanpa aksi adalah omong kosong, hanya membuat tanpa bergerak dan aksi akan menjadi susah untuk berkembang dan maju menuju sukses di dunia. Itulah bisnis yang harus dibangun. “Bisnis Plan bukan sebuah wacana namun butuh eksekusi”, tegas Andy Irawan selaku Faunder &CEO Dafam Hotel Management. Pada Sabtu 23 Desember 2017 merupakan kado pengujung tahun yang sangat inspiratif bagi Fakultas Ekonomi UM Jember pasalnya pada tanggal itu Fakultas Ekonomi telah mengadakan Talk and Workshop Enterpreneurship bertajuk tema "Create Business Plan" dengan menundang secara langsung Faunder &CEO Dafam Hotel Management bapak Andy Irawan dan Dr Agus Priyono M.,Si. Sebagai Akademi & Mentor Kelompok Studi Kewirausahaan. Bertempat di Gedung Zaenuri dan diikuti lebih dari 200 peserta dari mahasiswa fakultas Ekonomi.

Acara berlangsung sangat interaktif dan menarik dengan dipandu oleh moderator Bapak Haris Hermawan S.E., M.E. dalam kesempatan ini Andy Irawan Faunder &CEO Dafam Hotel Management mengatakan “ Semua bentuk Create Business harus menjadi real Business, saya ingin berkarya dan bermanfaat bagi orang lain. Dafam ada untuk bermanfaat bagi orang lain, Infestasi itu dilihat dari mana yang bisa bergerak dengan aksi dan itulah yang diikuti semuanya harus detail, berani dan lakukan” Terang Andy Irawan dalam sesi Tanya jawab. “ Hablum Miaallah dan Hablum minannas adalah dasar dari dafam yang saya dirikan, saya siap memfasilitasi dan membantu bagi kalian-kalian semua yang siap, dan mau bergerak cepat, saya suka untuk mengajar dan sharing. Kita harus menjadi orang yang berkarakter one step di depan diantara yang lain” tegasnya. “ tidak ada yang serba kebetulan semuanya sudah ada yang atur, harus belajar dan tidak pernah berhenti, empat prinsip yang haarus dilakukan 4K, Kerja Keras, Kerja Smart, Kerja Tuntas , kerja Ikhlas. From Nothing Became Something. Imbuh Andy Irawan. Selain narasumber andy irawan dalam acara ini juga menundang dan Dr Agus Priyono M.,Si. Namun saangat disayangkan beliau tidak bisa menghadiri acara tersebut sehingga mengirimkan orang lain sebagai perwakilan.

Dalam acara ini pula sekaligus sebagai acara penandatanganan Mou antara fakultas Ekonomi UM Jember dengan Dafam Hotel Management terkait Partnership Kemitraan sesuai kompetisinnya dengan isi cangkupan MoU dari berbagai aspek untuk kemitraan.

Acara talk show berlangsung selama dua jam dilanjutkan dengan agenda mengunjungi galeri Infestasi pasar modal Fakultas Ekonomi UM Jember beserta Bank Mini Fakultas Ekonomi. Dalam kunjungannya di galeri pasar modal UM Jember bapak Andy Irawan telah ditunggu oleh peserta kelompok studi pasar modal yang telah melakukan infestasi menanam modal di galeri infestasi fakultas ekonomi UM Jember. ada sekitar 30 orang yang terdiri dari mahasiswa dan praktisi ataupun masyarakat luar yang tergabung dalam kelompok KSP (kelompok studi pasar modal). Selama kedatangannya di UM Jember andy Irawan beserta rombongan di sambut langsung oleh dekan Fakultas Ekonomi Dr.Arik Susbiyani, M.M. dan juga wakil rektor 2 Sulistio Adi Winarno, S.H. M.H.

UM Jember. Sebuah kebanggaan tersendiri bisa lolos dalan program LKMM - TL (latihan keterampilan dan manajemen mahasiswa tingkat lanjut) yg diadakan oleh dikti dengan diikuti oleh mahasiswa pilihan se indonesia. Ach. Rofiqi mahasiswa program studi teknik sipil Univeritas Muhammadiyah Jember terpilih sebagai salah satu peserta dalam kegiatan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa mewakili UM Jember dan wilayah jawa timur di Tingkat Lanjut (LKMM-TL) yang dilaksanakan di Hotel Aston Bekasi mulai tanggal 12 -14 desember 2017.

Dari 50 peserta dari berbagai wilayah, Yang di adakan oleh didektur jendral pembelajaran dan kemahasiswaan kementerian riset teknologi dan pendidikan tinggi 2017, Rofiqi bersama dengan mahasiswa lain dari lima wilayah di indonesia. Beberapa diantaranya Lampung, cirebon, yogyakarta, jember dan manado.

“ banyak pengalaman baru yang saya dapatkan terutama tentang keterampilan manajemen mahasiswa dan Senang bisa terpilih mengikuti kegiatan ini. Program ini tidak hanya mengajarkan pengetahuan baru tetapi juga toleransi, leadership, kekeluargaan dan kebersamaan,’’ ujar rofiqi.

Rofiqi menjelaskan dalam kegitan tersebut para peserta mengikuti serangkaian kegiatan antara lain diskusi panel pertama tentang Analisis situasi indonesia dulu, kini, dan akan datang di liahat dari aspek demokrasi, humanitas, hak asasi, politik dan budaya. Hal ini di sampaikan oleh pemateri oleh lipi prof.Dr. Siti Zohroh, dan KP Suparyko.

Diskusi panel yang ke dua di isi oleh mantan mentri kelautan dan perikanan prof. Dr.Ir. Rohkmin dahuri,MS bersama Prof. dr. Fasli Jalal, Ph.D. guru besar Universitas Negeri Jakarta menjelaskan tentang Analisis situasi indonesia dulu, kini, dan akan datang di lihat dari aspek ekonomi, pendidikan , kesehatan dan pangan.

Dalam diskusi panel yang pertama Prof .dr Siti Zahra mengungkapkan bahwa demokrasi yang berlangsung sejak 1998 memberikan dampak positif terhadap rakyak seperti meningkatnya partisipasi dan kesadaran politik, namun hanya poin partisipasi saja tidaklah cukup untuk memperdayakan rakyat tetapi deomokrasi perlu di topang oleh nilai nilai budaya kita sendiri sehingga rakyat indonesia tidak merasa tercabut dari akarnya.

Itulah sebagian materi yang pertama , berbeda dengan diskusi panel yang ke dua membahas tentang ekonomi, pendidikan, kesehatan dan pangan diantaranya.

Prof. dr. Fasli Jalal, Ph.D . mengungkapkan indonesia sudah mulai pembanguna berkelanjuatan 2030 dan tujuanya Mengakhiri kelaparan, mencapai ketahanan pangan dan perbaikan gizi, mempromosikan pertanian berkelanjutan dan Menjamin kehidupan sehat dan mempromosikan kesejahteraan untuk segala usia.

Ada beberapa target menurt prof. Dr. Fasli jalal pertama Pada tahun 2030, mengakhiri segala bentuk gizi buruk, termasuk pencapaian, pada tahun 2025, target-target internasional yang disetujui mengenai anak stunting dan wasting usia bawah 5 tahun, dan memenuhi kebutuhan gizi anak gadis remaja, ibu hamil, wanita menyusui, dan lansia kedua Pada tahun 2030, mengurangi kematian prematur dari penyakit tidak menular melalui pencegahan dan pengobatan, dan mempromosikan kesehatan mental dan kesejahteraan.

“ perlambatan ekonomi didunia menyebabkan perekonomian indonesia yang selama 10 tahun di bawah pemerintahan SBY berbasis ekspor SDA (komoditas mentah ) mengalami kontradiksi signifikan penurunan pertumbuhan dari 5,4% pada 2014(akhir pemerintah SBY) menjadi 4,88% pada 2015 ; 5,01%pada tahun 2016; dan diperkirakan 5,1% tahun ini. Selain faktor ekternal, faktor internal yang membuat pertumbuhan ekonomi tidak mencapai 7% pertahun (target nawa cita) adalah: (1) inkonsistensi kebijakan (2) iklim investasi dan ease of doing buisiness yang kurang kondusif (3) produksivitas naker rendah dan terakhir daya innovasi serta entrepreneurship yang rendah. Itulah pertumbuhan ekonomi indonesia yang di lihat dari consensus forecast mencapai 5,2% “ tutur prof. Dr.Ir. Rohkmin dahuri,MS Mantan mentri kelautan dan perikanan sekaligus guru besar IPB.

Selain diskusi panel serangkaian selanjutnya yaitu pengalihan informasi dan data nasinal, yang meliputi topik satu analisis wacana kritis dua teknik pengalian informasi tiga teknik pengolahan data dan terakhir teknik pengambilan keputusan . rencana tindak lanjut tentang masa depan bangsa, materi terakhir sekaligus penugasan klompok kepada peserta LKMM-TL yang nantinya di akhir kegiatan di peresentasikan berbentuk makalah . '' Saya berharap bisa bermanfaat untuk diri saya sendiri dan juga bagi orng lain terutama saat saya berada d UM Jember saya bersedia mengaplikasikan semua ilmu yg telah saya dapatkan''. Jelas rofiki

UM Jember. Lagi, dunia semakin mengenal UM Jember dan menjadi salah satu bagian yang patut untuk diperhitungkan di antara perguruan tinggi dan swasta lainnya wilayah jawa timur. Pada 8/12/2017 lalu UM Jember kembali menambah kerjasama dengan perguruan tinggi negeri dan swasta dalam lingkup internasional, kali ini adalah Negara Taiwan dibawah naungan diktilitbang PP Muhammadiyah. Kabar menggembirakan ini disampaikan langsung oleh Rektor UM Jember Dr.Ir M Hazmi DESS melalui pesan whatsahap (8/12/2017) kepada Humas UM Jember. "Kerjasama ini dibawah payung kerjasama antara Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah dan Menteri Pendidikan Taiwan'', terang Rektor. "Kita hadir ke Taiwan atas undangan dari menteri pendidikan Taiwan, rombongan 24 PTM se Indonesia dipimpin oleh Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah”. Imbuhnya.

Dalam penandatanganan Mou tersebut telah disepakati beberapa hal diantaranya saling memberikan manfaat yang berasal dari interaksi ilmiah, pertukaran budaya, penelitian kooperatif dan bentuk kolaborasi akademis, Pertukaran mahasiswa dan anggota staf akademik, program gelar ganda atau bersama untuk mahasiswa (2 + 2) dan lulusan (1 + 1), Kolaborasi pelatihan siswa dan staf akademik, Bantuan timbal balik dan koordinator dalam seminar konferensi dan lokakarya, Penelitian bersama dan pertukaran bahan publikasi akademis atau informasi, Kerjasama dalam proyek pelatihan untuk area pengembangan tertentu dan Kesempatan untuk bentuk kerjasama lainnya, seperti penyerahan beasiswa penghargaan dan non-penghargaan program master dan doktor.

Selama di Taiwan rektor dan rombongan akan mengunjungi 7 Perguruan Tinggi negeri dan swasta diantaranya: National Taipe University of Nursing and Healt Sciencis (NTU-NH), Yuanpei University of Medical Technologu (YUMT), Hungkuang University, Asia University, Da-Yeh University, National Cheng Kung University, Soochow University. Dalam perjalanan selama di Taiwan rektor beserta rombongan juga dijadwalkan melakukan penandatanganan MoU bersama 23 PTM dan 27 PT Negeri dan Swasta di Hotel Palais de Chine Taiwan pada 11/12/2017.

Copyright © 2017 University of Muhammadiyah || UPT Pusat Data & Informasi