UM Jember Hebat, Sukses Gelar PK2MB Mahasiswa Baru Akademik 2017-2018: Selamat Datang Mahasiswa Baru di UM Jember

UM Jember. Seluruh civitas akademika UM Jember mengucapkan selamat datang mahasiswa baru di kampus UM Jember, kampus hebat yang unggul dalam IPTEKS bernafaskan nilai-nilai Keislaman.

Itulah beberapa pesan dan ucapan yang dirangkum dalam kalimat dari seluruh civitas akademika UM Jember dalam rangka menyambut kedatangan mahasiswa baru akademik 2017-2018.

Pada tanggal 4-12 September 2017 merupakan rangkaian pelaksanaaan PK2MB (pengenalan kehidupan kampus mahasiswa baru ) yang merupakan agenda wajib yang harus diikuti oleh seluruh mahasiswa baru. Acara ini terbagi menjadi 2 gelombang. Gelombang pertama dilaksanakan pada tanggal 6 sampai 8 September 2017 dengan jumlah peserta 615 mahasiswa baru dengan rincian fakultas hukum 308, fakultas ilmu kesehatan (S1 dan D3) 132, fakultas hukum 92, fakultas psikologi 63, akademi pariwisata D3 perhotelan 20. Sedangkan pada gelombang dua dilaksanakan pada tanggal 9 sampai 12 september 2017 dengan jumlah peserta 612 mahasiswa baru dengan rincian fakultas pertanian 95, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan 169, fakultas teknik 275 fakultas ilmu sosial dan politik 73. Selama masa PK2MB berlangsung dilaksanakan didalam aula gedung Zainuri UM Jember.

Menurut ketua panitia bapak cahya tri bagus H , S.Kep.,M.Kes mengatakan total seluruh peserta PK2MB tahun akademik 2017-2018 ini adalah 1.293 mahasiswa baru yang terdiri dari 8 Fakultas dan 1 Akademi, saya ucapkan banyak terimakasih kepada seluruh pihak yang telah banyak membantu untuk suksesnya PK2MB tahun akademik 2017/2018. Permohonan maaf kami sampaikan apabila selama proses kegiatan ini banyak kekurangan semua hal kebaikan untuk kesuksesan dan kelancaran acara ini semoga diberkahi oleh Allah SWT”, ujarnya.

Dalam pelaksanaan PK2MB para mahasiswa baru ini mendapatkan empat belas materi pokok yang harus diikuti dari awal sampai akhir acara PK2MB. Berikut materi yang di berikan selama para mahasiswa baru ini mengikuti kegiatan PK2MB:

  1. Pendidikan tinggi Muhammadiyah
  2. Sistem pembelajaran di UM Jember
  3. Sistem Manajemen Administrasi Keuangan UM Jember
  4. Stadium General (Teleconference)
  5. SKPEM (Sistem Kredit Prestasi Ekstra Kulikuler Maahasiswa) dan SPI (surat pendamping ijasah)
  6. Pengenalan organisasi otonom Muhammadiyah di UM Jember
  7. Pengenalan organisasi Kemahasiswaaan UM Jember
  8. Peran PTM dalam pemberdayaaan ortom
  9. Kehidupan islami mahasiswa UM Jember
  10. Membentengi diri dari narkoba HIV AIDS dan pergaulan bebas
  11. Nasionalisme, keamanan dan ketertiban masyarakat, organisasi terlarang dan radikalisme
  12. Sosialisasi penggunaan perpustakaan UM Jember
  13. Pendidikan HAM dan Perspektif Gender
  14. Mahasiswa yang berdaya saing tinggi.

Keempat belas materi tersebut diberikan secara urut dan berkesinambungan antara satu dan yang lainnya selama tiga hari pelaksanaan PK2MB. Dalam pelaksanaannya PK2MB juga didukung oleh panitia supporting mahasiswa yang berjumlah 15 orang dimasing-masing gelombang. Dalam hal ini panitia supporting mahasiswa memiliki peran sebagai tim monitoring selama kegiatan PK2MB berlangsung karena diakhir acara kegiatan dimasing-masing gelombang akan dipilih satu orang mahsiswa terbaik putra dan putri dan akan mendapatkan penghargaan dari kampus karena sudah menjadi yang terbaik diantara lainnya. Hasil yang didapatkan dari kegiatan ini terpilihlah 4 orang mahasiswa terbaik . pada gelombang pertama diberikan kepada dwi tri ucarib Fakultas Kesehatan dan Andika Jaya Fakultas ekonomi. Sedagkan pada gelombang kedua diberikan kepada Dri Rahmalia FKIP bahasa Indonesia dan Qutbi Almahbobby Fakultas Pertanian. Selamat datang dan selamat berproses. (AI)

Copyright © 2017 University of Muhammadiyah || UPT Pusat Data & Informasi