Warna - Warni Skripsi

Skripsi adalah istilah yang digunakan di Indonesia untuk mengilustrasikan suatu karya tulis ilmiah berupa paparan tulisan hasil penelitian sarjana S1 yang membahas suatu permasalahan atau fenomena dalam bidang ilmu tertentu dengan menggunakan kaidah-kaidah yang berlaku sesuai dengan standard ilmiah.

 

Skripsi bertujuan agar mahasiswa mampu menyusun dan menulis suatu karya ilmiah, sesuai dengan bidang ilmunya. Mahasiswa yang mampu menulis skripsi dianggap mampu memadukan pengetahuan dan keterampilannya dalam memahami, menganalisis, menggambarkan, dan menjelaskan masalah yang berhubungan dengan bidang keilmuan yang diambilnya. 

Skripsi merupakan persyaratan untuk mendapatkan status sarjana (S1) di setiap Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Indonesia. Biasannya saat penulisan skripsi setiap Mahasiswa didampingi oleh satu atu dua pembimbing. Jika terdapat dua pembimning maka dikenal dengan sebutan pembimbing  satu dan pembimbing dua.

Sebelum proses penulisan skripsi Mahasiswa harus terlebih dulu mengajukan Judul penelitiannya agar dapat di setujui oleh Kaprodi kemudian barulah Mahasiswa boleh menentukan atau bahkan ditentunkan oleh pihak kaprodi siapa yang akan menjadi pembimbing skripsinya.

Menurut sebagian besar Mahasiswa skripsi adalah proses terberat dalam menjalaninya, banyak hal kisah cerita dan sejarah saat melalui proses skripsi. Namun hal demikian tetaplah harus dijalani demi satu gelar terbaik. Strata satu Seorang sarjana. Menjadi salah satu bagian dari masyarakat terdidik yang harapannya mampu menjadi agent of change bagi keterbelangsungan kehidupan dalam bermasyarakat. 

Saat- saat melalui proses skripsi ada banyak hal yang tak bisa dilupakan oleh para pelaku pejuang Skripsi. Mulai dari kisah penelitian, revisi proposal, terabaikan oleh dosen pembimbing hingga hal-hal kecil lainnya. Namun proses itu tetaplah akan menjadi proses terbaik dalam kenangan terindah sebagai pejuang toga. (AI)