Jember Kekeringan dan Kebakaran, UM Jember Gelar Shalat Istisqa’ Bersama

Lembaga Pengembangan Agama Islam dan Kemuhammadiyahan (LP-AIK) Universitas Muhammadiyah Jember menggelar Shalat Istisqa’ di halaman gedung utama kampus pukul 12.30 WIB, Sabtu (26/10/2019).

Shalat istisqa diikuti oleh pimpinan dan jajaran dosen, karyawan, mahasiswa dan masyarakat umum sekitar UM Jember.

LP-AIK bekerjasama dengan ta’mir masjid Al Qalam UM Jember selenggarakan shalat istisqa’ bermula dari permintaan civitas akademika terutama dosen dan mahasiswa. “Shalat Istisqa’ ini bermula dari keinginan mahasiswa dan dosen yang tersalurkan melalui LP-AIK dan akhirnya kami bekerjasama dengan ta’mir masjid Al-Qalam untuk mewujudkan upaya ikhtiar ini di lingkungan Universitas Muhammadiyah Jember.” demikian ujar Dhofir Catur Bashori sekretaris LP-AIK sekaligus dosen Agama Islam UM Jember. Shalat Istisqa’ ini sengaja digelar terbuka dihalaman universitas agar dapat diikuti oleh masyarakat umum.

KH. Kusno, S.Ag., MPd.I Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Jember sebagai khatib pada shalat istisqa’ mengatakan bahwasannya musim kemarau adalah musim yang telah jelas dalam teori dan selalu terjadi setiap tahunnya. Tetapi ketika kemarau terjadi secara berkepanjangan termasuk hukuman dari Allah SWT atau teguran bagi manusia. Akibat dari tidak jujurnya manusia terhadap menunaikan zakat dan tidak mensucikan hartanya dengan baik. Selain itu dalam ceramahnya beliau menerangkan bahwasannya kemarau berkepanjangan adalah peringatan Allah SWT kepada manusia untuk selalu ingat kepada akhirat dan tidak sangat cinta duniawi.

Rektor UM Jember Dr. Ir. Muhammad Hazmi DESS menuturkan, Shalat Istisqo digelar merupakan bentuk ikhtiar kepada Allah SWT segera menurunkan hujan. “Ini sebagai salah satu bentuk ikhtiar batin dan spiritual kampus UM Jember sebagai upaya memohon kepada Allah SWT untuk menurunkan hujan mengingat banyaknya peristiwa kekeringan dan kebakaran di Kabupaten Jember.” tuturnya.

Beberapa kurun terakhir Kabupaten Jember mengalami kekeringan dibeberapa daerah, kebakaran hutan dan kebakaran ruko serta rumah. Dan Universitas Muhammadiyah Jember menjadi bagian dari Kabupaten Jember ikut berdoa pula sangat berharap semoga dengan ikhtiar dan tawwadu’ melalui shalat istisqa’ ini kemarau berkepanjangan lekas berakhir. Aamiin.

Search