MAHASISWA KKN PONDOKJOYO LAKUKAN PEMERIKSAAN KESEHATAN MENJELANG RAMADHAN

Jember – 09 Maret 2024 Mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Jember kelompok 20 melakukan program kerja yakni pemeriksaan gratis. Kegiatan ini diikuti oleh ibu-ibu lansia yang bertempat di Balai Desa PondokJoyo.

Pemeriksaan kesehatan meliputi cek tanda-tanda vital, gula darah, dan asam urat. Kegiatan ini diadakan pada pagi hari dengan target 26 ibu-ibu lansia. Mereka semua menyambut dengan antusias pelaksanaan kegiatan pemeriksaan gratis ini.

Menurut Yasin selaku ketua koordinator, kegiatan ini bertujuan untuk menjaga kesehatan diri warga PondokJoyo khususnya para lansia (lanjut usia).

“Kegiatan ini untuk mengingatkan warga tentang pentingnya arti kesehatan, karena diusia lanjut sangat rentan terhadap kesehatan” ungkapnya

Ada sekitar 19 Mahasiswa yang KKN di Desa PondokJoyo. Sedangakan yang bertugas melakukan pemeriksaan kesehatan sejumlah 3 orang dari Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES).

Jika ada warga yang terindikasi memiliki hasil pemeriksaan yang kurang bagus, mahasiswa bisa memberikan konsultasi pada warga.

“Kami berikan konsultasi dan bimbingan supaya mereka menjaga pola makan yang sehat dan olahraga yang teratur” ungkapnya

Cek kesehatan gratis berdampak baik bagi warga Desa PondokJoyo. Ibu Kades berharap masyarakat juga bisa mengetahui kondisi kesehatan sedini mungkin, terutama yang memiliki penyakit genetik. 

“Supaya kita cepat tahu terkait kondisi kita sendiri. Agar nanti ibu-ibu yang suka marah, makan ngawur, dan minum teh dengan gula yang banyak, bisa sadar. Jadi dapat mengetahui lebih awal, dan mencegangnya juga lebih baik” ungkapnya.

Diharapkan dari pemeriksaan ini masyarakat dapat melakukan tindakan pencegahan penyakit sedini mungkin dengan menjaga pola makan sehat.

Search