Previous Next

UMKM BIHUN DESA BANGSALSARI MENGUKIR JEJAK DI PASAR LOKAL

 

Pandemi COVID-19 Di Indonesia mengakibatkan hampir seluruh sektor mengalami penuruann terutama ekosistem ekonomi yang selama ini telah menjadi tumpuan masyarakatSektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang adalah bagian terpenting dari sektor ekonomi sangat merasakan dampaknya. Namun, dalam upaya pemulihan ekonomi pasca pandemi, mahasiswa yang terlibat dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Jember di Desa Bangsalsari telah mengambil peran penting dalam mendorong UMKM untuk bertransformasi. Dalam artikel ini, kami akan menjelajahi upaya mereka dalam menginspirasi dan membantu UMKM Desa Bangsalsari untuk bangkit kembali.

Dalam eksplorasi langsung di Desa Bangsalsari, sejumlah UMKM tersebar di berbagai dusun. Salah satunya, di Dusun Kedungsuko, ditemukan UMKM yang memproduksi sagu dari serabut pohon aren, yang kemudian digiling, dihaluskan, dan dijadikan bahan utama untuk pembuatan bihun. Brand bihun ini dikenal dengan nama "IKAN MAS"Bihun yang terbuat dari tepung sagu ini telah menjadi usaha yang menonjol sejak tahun 2022 dan telah berjalan selama dua tahun terakhir. Pemasaran produknya semakin berkembang, dengan ekspansi ke luar kota dan fokus pada pasar lokal, terutama di Kota Jember.

“Omset perhari mencapai sekitar Rp. 500.000 – Rp. 600.000. Namun, terdapat beberapa kendala yang dihadapi,” kata Bu Ira selaku owner UD Ikan Mas.

Cuaca yang kurang mendukung saat musim hujan menghambat proses pengeringan produk bihun kami dan ketersediaan bahan utama sagu yang sulit karena jumlah pohon aren yang semakin berkurang dan masa pertumbuhannya yang lama menjadi kendala utama dalam usaha produksi bihun ini,” lanjut Bu Ira.

Dengan kolaborasi yang kokoh antara mahasiswa KKN dan pelaku UMKM lokal, diharapkan UMKM di Desa Bangsalsari akan terus berkembang dan menjadi tulang punggung ekonomi lokal yang tangguh dan berkelanjutan.

 

 

Search