Previous Next

INOVATIF, MAHASISWA KKN UM JEMBER GUNAKAN METODE EXAMPLES NON EXAMPLES UNTUK MENGETAHUI KEMAMPUAN MEMBACA SISWA

Desa Manggisan, yang berlokasi di Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember, menjadi pusat perhatian kelompok mahasiswa KKN Tematik Gelombang I Kelompok 18 dari Universitas Muhammadiyah Jember. Fokus utama mereka adalah SDN 4 Manggisan, sebuah sekolah yang menghadapi tantangan dalam hal kemampuan membaca siswanya.

            Kelompok KKN Tematik 18 terdiri dari 19 mahasiswa yang berasal dari berbagai fakultas dan program studi. Mereka merasa terdorong untuk mengetahui kemampuan membaca siswa di SDN 4 Manggisan, hal ini dikarenakan adanya faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca siswa, antara lain lingkungan, budaya dan peran orang tua.

            Dari hasil wawancara dengan Sri Indayani selaku kepala sekolah SDN 4 Manggisan, sekolah ini berada di Dusun Sungai Tengah yang mana daerah ini merupakan dataran tinggi. Mayoritas masyarakat di dusun tersebut adalah suku Madura, yang mana terdapat budaya dan kebiasaan yang masih melekat di dusun tersebut yakni pernikahan di usia muda yang masih tinggi. Sehingga membuat SDM di dusun masih rendah.

            Salah satu langkah yang diambil oleh kelompok KKN 18 adalah penerapan metode Examples Non Examples di SDN 4 Manggisan. Metode ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca siswa di sekolah. Kolaborasi antara pihak sekolah dan kelompok KKN 18, yang dipimpin oleh kepala sekolah SDN 4 Manggisan, Ibu Sri Indayani menjadi kunci dalam kegiatan ini.

            Proses penerapan metode ini dimulai dengan pembuatan media menggunakan gambar beserta pembuatan huruf alphabet. Kemudia, bersama-sama mereka melakukan penerapan metode Examples Non Examples dengan memanggil nama siswa satu per satu. Lalu mencontohkan pada siswa cara kerja metode tersebut. Metode ini dijelaskan dengan menarik, sehingga siswa tertarik dan gembira dalam menjalankan metode tersebut.

 Inisiatif ini menjadi langkah awal dalam kolaborasi antara mahasiswa KKN dari Unmuh Jember dan masyarakat Desa Manggisan. Dengan dimulainya program kerja pada Rabu (28/2/2024), diharapkan bahwa mahasiswa dapat berkontribusi dalam memajukan aktivitas masyarakat di desa tersebut. Kordinator kelompok KKN Tematik 18 yakni Rangga Wijayatha berharap, “Sebanyak 19 mahasiswa Unmuh Jember terlibat dalam program KKN di Desa Manggisan ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam peningkatan kemampuan membaca siswa di SDN 4 Manggisan”.

Search