Previous Next

Antisipatif, KKN 21 Bersama Ibu PKK Basmi Jentik Tekan DBD

Menurut dr. Irma Cahyani Ranti Kabid Pelayanan Medik RSUD dr. Hasri Ainun Habibie Seharusnya pemberantasan jentik nyamuk itu dilakukan sebelum musim hujan atau bahkan sepanjang tahun tanpa melihat musim. Mulai dari kaleng-kaleng, gelas air minum kemasan dan apa saja yang bisa menampung air harus dibersihkan

 

Karena pada umumnya telur nyamuk akan menetas menjadi jentik dalam waktu kurang lebih 2 hari setelah telur terendam air. Telur di tempat yang kering (tanpa air) dapat bertahan sampai 6 bulan pada suhu -2ºC sampai 42ºC, dan bila tempat- tempat tersebut kemudian tergenang air atau kelembabannya tinggi maka telur dapat menetas lebih cepat (Veryani & Astuti, 2022).

 

Oleh karena itu mahasiswa KKN Tematik 21 UNMUH Jember melakukan kegiatan mecegah penyebaran penyakit DBD dengan membasmi jentik-jentik nyamuk yang ada pada wilayah yang rawan perkembangan nyamuk Desa Sumberjati, Kecamatan Tempeh, Kabupaten Lumajang, pada Rabu 30 Agustus 2023.

 

Kegiatan ini dilakukan bersama ibu-ibu PKK agar masyarakat lebih peduli terhadap kebersihan dan kesehatan lingkungan terutama di lingkungan rumah. Mahasiswa dengan dibagi menjadi beberapa kelompok untuk menelusuri dua tempat di Kerajan Tengah, yaitu RT.08 dan RT.09.

“Kegiatan ini dilakukan dengan cara mengunjungi di setiap rumah penduduk untuk dilakukan pemeriksaan tempat yang dijadikan perkembangbiakan nyamuk, seperti genangan air yang ada di tiap rumah, kolam ikan, terutama di tempat penampungan air yang ada di dalam rumah, seperti bak mandi/WC dengan menggunakan senter untuk melihat keberadaan jentik-jentik” tutur salah satu bidan di Desa Sumberjati.

 

Mahasiswa KKN 21 melakukan pendataan apabila ditemukan jentik-jentik nyamuk. Setelah melakukan pendataan, selanjutnya dilakukan pemberantasan sarang nyamuk dengan cara 3M, yaitu menguras, menyikat tempat penampungan air seperti bak mandi/WC, gentong, menutup rapat tempat penampungan air, mengubur barang-barang bekas yang dapat menampung air seperti palstik-plastik yang dibuang sembarangan.

 

Mahasiswa KKN 21 UNMUH Jember berharap dengan adanya kegiatan ini dapat terhindar dari berbagai macam penyakit, teruma DBD._Tim Media KKN 21

Search