Previous Next

Semarak Lomba 17 Agustus di Desa Krangrejo Kecamatan Yosowilangun Bersama KKN 18 Tematik Universitas Muhammadiyah Jember

Tanggal 17 Agustus merupakan hari bersejarah bagi bangsa Indonesia. Setiap tahunnya rakyat Indonesia merayakan hari kemerdekaan tersebut dengan berbagai cara. Namun semenjak adanya pandemi, mobilitas dan aktivitas masyarakat menjadi lebih terbatas. Kondisi ini turut berdampak terhadap terhentinya kegiatan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia. Oleh sebab itu, masyarakat sangat antusias dalam menyambut hari kemerdekaan RI yang ke-77 karena aktivitas mulai normal kembali. Hal ini yang melatar belakangi diambilnya tema "Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat" agar semangat rakyat Indonesia pulih kembali.

Desa Karangrejo, Kecamatan Yosowilangun, Kabupaten Lumajang bersama kelompok KKN Tematik 18 Universitas Muhammadiyah Jember berencana untuk menyalurkan antusias masyarakat melalui berbagai lomba. Mahasiswa KKN bertugas menjadi panitia dalam lomba joget, lomba balap karung, lomba cukurukuk, dan lomba tangkap bebek. Semua kalangan masyarakat mendapat kesempatan untuk ikut serta dalam perayaan hari kemerdekaan RI tersebut. Lomba-lomba ini terbagi menjadi 3 kategori yaitu, lomba untuk kalangan anak-anak, ibu-ibu, dan bapak-bapak. Adanya lomba-lomba ini diharapakan dapat mendorong masyarakat untuk berperan aktif dalam mengisi kemerdekaan Indonesia serta menumbuhkan semangat nasionalisme generasi muda. Lomba dimulai pada hari senin (14-08-2023) sampai (21-08-2023) sebagai malam puncak Desa Karangrejo, mengadakan acara kesinian janger dan sekaligus pembagian hadiah pemenang lomba-lomba tersebut.

Pelaksanaan serangkaian lomba dalam rangka memperingati HUT RI mendapatkan respon positif dari berbagai pihak dikarenakan momen ini selalu dinantikan setiap tahunnya. Antusias warga dalam memeriahkan perlombaan sangat tinggi, baik dalam mengikuti lomba maupun mendukung peserta lomba, tak hanya anak-anak yang ikut meramaikan kegiatan lomba 17 Agustus, namun orang tua juga turut menyemarakkan kegiatan tersebut, bahkan anak-anak sudah mulai berdatangan ke tempat perlombaan sebelum perlombaan dimulai. Hal ini menunjukkan bahwa perlombaan ini dapat digunakan sebagai wadah pemersatu dan perekat kebersamaan antar warga Desa Karangrejo, sehingga tercipta lingkungan yang harmonis.

Search