Berita hari ini

Mahasiswa PGPAUD Pahami Konsep Pendidikan AUD dengan Karya Wisata

Kegiatan penerapan mata kuliah program TK (taman kanak-kanak) dan KB (Kelompok Belajar) dapat dilakukan dengan pemahaman konsep secara klasikal dan juga 

Pelantikan Wakil Rektor Periode 2016-2021

Pertanyaan mahasiswa dan dosen mengenai wakil rektor telah terjawab. Pada hari jumat 20 Mei 2016, Rektor Universitas Muhammadiyah Jember, Dr. Ir. Muhamd Hazmi, D.E.S.S telah

Seminar Nasional Keperawatan; Aplikasi Sustainable Development Goals

Sabtu, 14 mei 2016, Fakultas ilmu kesehatan kembali menggelar seminar nasional. Seminar nasional merupakan agenda rutin tahunan yang wajid diwujudkan.

LPPM Unmuh Jember Gelar Workshop Penyuntingan dan Akreditasi Jurnal Nasional

Untuk meningkatkan kualitas jurnal di Unmuh Jember, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada

 

Masyarakat menggelar workshop Penyuntingan dan Akreditasi Jurnal Nasional. Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 7 Januari 2017.

Ada dua puluh dua jurnal yang tercatat dalam data LPPM Unmuh Jember. Dua puluh dua jurnal tersebut ada di semua program studi yang ada lingkungan Unmuh Jember.

Ada pun peserta dalam workshop ini adalah dua orang pengelola jurnal di tiap jurnal yang terdata. Tercatat 46 peserta dalam workshop ini, yang merupakan dosen dan sekaligus pengelola jurnal di program studi.

Dalam sambutan Ketua LPPM Universitas Muhamamdiyah Jember, Bu Nurul Qomariyah, ia menyampaikan 85% program studi di Lingkungan Universitas Muhammadiyah sudah memiliki jurnal dan sudah terbit. Selebihnya, ada program studi yang belum menerbitkan jurnal. Namun, mereka sudah memiliki rancangan dalam rencana peluncuran jurnal tahun ini. Oleh sebab itu, ada kebutuhan pada kegiatan ini. Melalui workshop ini, setiap jurnal diharapkan menyiapkan diri untuk menjadi jurnal yang terakreditasi.

Ada dua pemateri dalam workshop ini, yaitu Bapak Suyono dan Bapak Wiwik Suharso. Materi yang disajikan adalah kebijakan penerbitan dan akreditasi nasional, mekanisme dan teknik penyuntingan artikel, pemanfaatn TI, dan indexing e-journal. Berdasarkan empat materi tersebut, pengelola jurnal dapat meningkatkan kualitas artikel dan manajemen penyuntingan artikel di jurnal masing-masing.

Di akhir acara, Ketua LPPM Universitas Muhammadiyah Jember berharap semoga ada jurnal yang diajukan untuk mendapatkan akreditasi dari ristekdikti atau lipi. Dibutuhkan komitmen yang kuat, sehingga jurnal di Unmuh Jember bisa mendapatkan akreditasi.

Harapan bu Nurul Qomariyah direpon positif oleh pengelola jurnal. Para pengelola jurnal berkomitmen untuk meningkatkan kualitas manajemen penerbitan artikel di jurnal maisng-masing.

“Selamat berjuang, untuk para pengeloa jurnal di Unmuh Jember”