Workshop Implementasi Program Pada Ppdm Di Desa Tutul Dalam Mewujudkan Desa Sehat Berbasis IFHE

     Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM) merupakan skim pengabdian masyarakat yang di danai oleh Kementerian Riset dan Tehnologi/ Badan Riset dan Inovasi Nasional Republik Indonesia (RistekBrin). Universitas Muhammadiyah Jember merupakan Perguruan Tinggi yang mendapatkan 2 hibah pada Skim PPDM yang salah satunya berjudul “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Desa Sehat Berbasis Independent Health Evaluation (IFHE) Di Desa Tutul Kec. Balung Kabupaten Jember”

     Ketua pelaksana Diyan Indriyani, S.Kp., M.Kep., Sp.Mat yang merupakan salah satu Dosen di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jember, beranggotakan 3 Dosen yaitu Asmuji SKM., M.Kep (FIKes), Triawan Adi Cahyanto,S.Kom.,M.Kom (Fak. Tehnik) dan Astrid Maharani, S.E., M.Akun (Fak. Ekonomi), pelaksana tehnis Ns. Sri Wahyuni, M.Kep., Sp.Kep.Kom (FIKes) serta 4 mahasiswa. Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 3 tahun yaitu tahun 2020-2022.

     Serangkaian kegiatan PPDM tersebut telah diselenggarakan kegiatan Workshop pada tanggal 18 Juli 2020 bertempat di Aula Gedung Ahmad Zainuri sebagai upaya menguatkan kompetensi Tim SATGAS Desa Sehat Berbasis IFHE di Desa Tutul. Kegiatan Workshop dibuka oleh Wakil Rektor III Universitas Muhammadiyah Jember Bpk Syamsul Hadi, SP., MP. Hadir dalam kegiatan Workshop tersebut yaitu Dinas kesehatan Kabupaten Jember, Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Bpk Ns. Sasmiyanto, S.Kep., M.Kes, Ketua LPPM UM Jember Bpk Dr. Bagus Setya Rintyarna, ST., M.Kom dan jajarannya, Tim Pelaksana PPDM, Kepala Desa Tutul Bpk A. Baidowi beserta jajarannya, Tim Satgas Desa Sehat berbasis IFHE Desa Tutul, Perwakilan Posyandu di Desa Tutul, Perwakilan RW Desa Tutul, Kepala Puskesmas Karangduren, dan undangan dengan total 65 peserta.

     Adapaun pemateri pada kegiatan tersebut adalah Dinas Kesehatan kabupaten Jember dan Tim PPDM. Kegiatan workshop ini diselenggarakan oleh Tim PPDM dengan mematuhi protokol kesehatan dengan peserta 65 orang yang berada pada gedung berkapasitas 1000 orang dengan pengaturan jarak yang sangat ketat. Selama kegiatan Wrkshop, seluruh peserta sangat antusias dan seksama mengikuti kegiatan. Pada materi ketiga tim PPDM menyampakan Format Identifikasi kesehatan keluarga berbasis IFHE yang didiskusikan dengan baik oleh seluruh peserta Workshop.

Search