Penerapan Pola Hidup Sehat Sejak Dini Melalui Penyuluhan PHBS di Tingkat Sekolah Dasar Desa Sumberanget, Kec Ledokombo oleh Mahasiswa KKN Kelompok 20 UM Jember

Salah satu program kerja Mahasiswa KKN Kelompok 20 UM Jember adalah penyuluhan kesehatan. Pola hidup bersih dan sehat penting diterapkan sejak dini agar terhindar dari berbagai penyakit yang dapat menyerang kesehatan manusia. Sasaran utama yang efektif untuk kegiatan ini adalah siswa siswi di tingkat Sekolah Dasar. Penyuluhan PHBS dilaksanakan selama dua hari berturut-turut yaitu hari selasa (04/02/2020) di SDN Sumberanget 01 dan pada hari jum’at (14/02/2020) di SDN Sumberanget 02. Kegiatan penyuluhan dilakukan mulai pagi hari pukul 08.00 hingga selesai.

Penyuluhan PHBS diawali dengan permainan senam angka yang bertujuan untuk melatih konsentrasi dan kepekaan pada anak. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi 6 langkah cara mencuci tangan dengan baik dan benar. Setelah pemberian materi, mahasiswa KKN Kelompok 20 UM Jember mengajak seluruh siswa untuk mempraktikkan gerakan 6 langkah cuci tangan diiringi lagu anak-anak. Di akhir kegiatan, mahasiswa KKN memberikan hadiah kepada siswa yang dapat menjawab dan mempraktikkan gerakan 6 langkah cuci tangan dengan baik dan benar. Tak lupa pula, foto bersama dilakukan setelah kegiatan penyuluhan PHBS berakhir.

Pepatah mengatakan bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman. Berdasarkan hal tersebut, mahasiswa KKN Kelompok 20 UM Jember melakukan kegiatan ini sebagai realisasi dari pepatah tersebut. Kami berharap melalui kegiatan ini, siswa dapat menjaga kebersihan dengan perilaku pola hidup bersih dan sehat agar dapat mencegah tertularnya berbagai macam penyakit.

 

Search